Hindari Plastik, Ini 5 Sedotan Ramah Lingkungan

Hindari Plastik, Ini 5 Sedotan Ramah Lingkungan

Foto: iStock

Jakarta - Sedotan ini tidak dibuat dari bahan plastik. Jenis sedotan ramah lingkungan ini bisa Anda miliki di rumah atau dibawa kemana saja.

Plastik menjadi permasalahan utama di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Banyak negara yang masih banyak menggunakan plastik dan sampahnya tidak dapat terurai selama puluhan tahun.

Agar tak semakin parah. Banyak masyarakat yang mengurangi penggunaan plastik. Mulai dari membawa tas belanja sendiri sampai mengganti sedotan yang bisa dipakai berkali-kali.


1. Stainless Steel

Sedotan yang satu ini dibuat dari stainless steel yang anti karat. Sedotan jenis ini lebih awet dan tahan lama. Bisa digunakan berulang kali dan mudah dibersihkan.

Sedotan ini memiliki bentuk yang melengkung di bagian atas. Dan dikemas dengan kemasan kain yang juga ramah lingkungan.

 

2. Sedotan bambu

Selain stainless steel, ada juga sedotan hingga peralatan makan lain yang dibuat dengan bahan bambu. Selain ramah lingkungan, bambu juga dibuat tanpa tambahan zat kimia.

 

3. Akrilik

Sedotan berbahan akrilik juga bisa dicoba. Dibuat dengan warna-warni yang cantik, sedotan berbahan ini juga mudah digunakan dan dibersihkan.

Hanya saja jangan sampai sering terbentuk karena akrilik mudah retak dan jangan sampai jatuh. Sedotan ini juga tidak bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama karena warnanya akan berubah menjadi kusam.

 

4. Kertas

Sudah lama ada, sedotan kertas menjadi alternatif paling populer di banyak negara untuk mengganti sedotan plastik. Selain mudah terurai, sedotan kertas juga memiliki motif dan warna yang lebih beragam.

Namun kekurangannya adalah jangan dicelupkan ke dalam air terlalu lama karena mudah rusak.

 

5. Silikon

Karena berbahan dasar silikon, sedotan ini punya tekstur yang elastis. Sedotan mudah diputar dan diarahkan ke berbagai sisi. Bahkan sedotan silikon memiliki ukuran yang besar sehingga dapat dinikmati untuk menyeruput minuman yang mengandung jelly.

Bahan silikon juga terbilang aman bisa digunakan untuk minuman hangat atau dingin.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews