Nizar Beberkan Sebab Banyaknya Usulan di Musrenbang Belum Terealisasi

Nizar Beberkan Sebab Banyaknya Usulan di Musrenbang Belum Terealisasi

Wakil Bupati Lingga bersama Camat Katang Bidare menghadiri Musrenbang perdana kecamatan hasil pemekaran dari Kecamatan Senayang ini (Foto:Ist/Batamnews)

Lingga - Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar secara resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) perdana di Kecamatan Katang Bidare, Jumat (15/2/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Nizar menekankan agar pemerintah desa dapat mengusulkan program prioritas. Minimal, kata dia satu desa satu program prioritas.

"Musrenbang merupakan puncak dalam penyusunan RKPD yang mana RKPD adalah acuan dalam penyusunan rancana kerja anggaran di dalam penyusunan APBD," ujar Nizar.

Ia juga menyebutkan, dengan belum terakomodirnya sejumlah usulan-usulan dari desa atau kecamatan selama ini, bukan berarti tidak ada perhatian dari pemerintah daerah.

"Skema pembiayaan pembangunan bisa juga bersumber dari Dana Desa (DD) selain APBD dan APBN. Karena DD ini notabenenya juga berasal dari pemerintah, baik pusat maupun kabupaten, jadi perlu dipahami," ucapnya.

Kemudian, pada kesempatan tersebut Nizar juga menyinggung masalah penerbitan perizinan, khususnya masalah lahan di tingkat desa. Misalnya ketika ada investor yang berminat melakukan investasi.

"Jadi harus saling koordinasi. Jangan sampai pas ada masalah, baru lempar ke camat atau bupati," katanya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews