Pejabat Harus Relevan Kelola Keuangan Daerah

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar membuka sosialisasi pengelolaan keuangan daerah di Aula Hotel Lingga Pesona Daik Lingga (Foto:Ist)

Lingga - Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, meminta agar pejabat daerah di Lingga, dapat mengelola keuangan yang mencakup penatausahaan keuangan secara relevan, handal dan akuntabel.

Permintaan tersebut disampaikannya saat menghadiri sosialisasi pengelolaan keuangan daerah, di Kabupaten Lingga tahun 2019, dengan tema, "Melalui Sosialisai Pengelolaan Daerah Kita Wujudkan Pengelolaan Daerah yang Profesional dan Kompeten untuk Mewujudkan Lingga Terbilang 2020".

"Dengan adanya pejabat yang handal, diharapkan mampu menciptakan pengendalian manajemen pengelolaan keuangan daerah yang efektif dan efisien demi mewujudkan pemerintah yang bersih dan tata kelola yang baik," kata dia usai kegiatan, Selasa (12/2/2019).

Lanjut dia, sosialisasi tersebut merupakan hal penting dan bukan hanya sekedar sosialisasi. Pasalnya, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan sumber daya manusia, dalam pengelolaan keuangan.

"Tahun 2018 Pemkab Lingga telah berhasil mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan tahun 2017, dalam mengelola keuangan daerah. Prestasi ini akan mempengaruhi kinerja pemerintah daerah, kepercayaan publik serta keyakinan pemerintah pusat kepada Pemkab Lingga dalam pengelolaan keuangan daerah," ujarnya.

Diketahui, usai kegiatan tersebut Nizar menyempatkan diri datang ke Desa Kelumu menghadiri acara peningkatan kualitas hidup dan perekonomian perempuan (home industri). Bertatap langsung dengan masyarakat Desa Kelumu yang penuh inovasi dengan pengerajinan kalang yang berbahan dasar rotan.

(ruz)