Begini Cara Polres Karimun Cegah Pungli

Begini Cara Polres Karimun Cegah Pungli

Kompol Agung Gima Sunarya, dalam acara pengarahan dan tatap muka bersama Ketua Unit Pemberatasan Pungli (UPP) Kepulauan Riau dan Bupati Karimun serta instansi pelayanan publik, Kamis (14/2/2019) di Gedung Nilam Sari, Pemkab Karimun (Foto:Edo/Batamnews)

Karimun - Selama tahun 2018, Kepolisian Resor (Polres) Karimun telah melaksanakan sebanyak 263 kali sosialisasi pada semua lini yang terindikasi.

Hal itu disampaikan Ketua Unit Saber Pungli Polres Karimun, Kompol Agung Gima Sunarya, dalam acara pengarahan dan tatap muka bersama Ketua Unit Pemberatasan Pungli (UPP) Kepulauan Riau dan Bupati Karimun serta instansi pelayanan publik, Kamis (14/2/2019) di Gedung Nilam Sari, Pemkab Karimun.

"Sebanyak 263 kegiatan sosialisasi dilakukan oleh setiap Polsek di bawah Polres Karimun," ucap Gima.

Kemudian, tim saber pungli Polres Karimun juga melakukan penindakan sebanyak dua kali di tahun 2018. Selain itu, kegiatan rapat rutin juga dilakukan, untuk berkoordinasi.

"Kita melakukan OTT sebanyak dua kali dan telah diproses," katanya.

Namun, ditahun 2019 ini, kebijakan untuk menekan terjadinya pungli, setiap polsek akan melakukan sosialisasi dalam sehari dua kali.

"Pada 2018, polsek akan melaksanakan sosialisasi satu kali sehari. Sekarang, sesuai arahan ketua UPP, akan dilakukan dua kali sehari," ucap Gima.

Kemudian, peningkatan pokja-pokja serta penerimaan pengaduan masyarakat. Serta memproses setiap pelaporan.

"Dalam pelaksanaan, lebih banyak sosialisasi, untuk mencegah terjadinya praktik pungli dan tidak terjadi lagi OTT di Karimun," ucapnya.

(aha)