Dinkes Minta Warga Lapor Petugas Polindes dan Pustu Tak Disiplin

Petugas medis sedang melakukan pengecekan kesehatan kepada warga (Foto:Tribunnews)

Lingga - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, Zainal Abidin melalui Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kesehatan, Ahmad Mudlofir mengimbau kepada warga jika menemukan petugas polindes atau pustu yang tidak disiplin saat bertugas agar segera dilaporkan.

"Laporkan kepada kepala puskesmasnya sebagai atasan langsung, agar bisa diberikan pembinaan, teguran, ataupun sanksi kepada petugas polindes atau pustu yang tidak disiplin dalam bertugas ini," kata dia kepada Batamnews.co.id, Senin (11/2/2019).

Namun, jika kepala puskesmas lalai atau malah tidak menanggapi laporan yang disampaikan oleh warga, ia mengaku kepala puskesmas yang bersangkutan akan mendapatkan teguran. Hal itu untuk meningkatkan perilaku disiplin dalam bertugas.

"Ada teguran lisan, tertulis, dan juga sanksi untuk petugas polindes dan pustu yang melakukan tindakan indisipliner. Tapi, mereka itu kewenangannya berada di pimpinan puskesmas," ujarnya.

Namun, jika teguran tersebut tidak mempan, pimpinan puskesmas akan memberikan teguran tertulis yang akan di tembuskan ke DKPPKB melalui Subbag Kepegawaian dan Umum.

"Kalau warga kesulitan mau melaporkan ke kepala puskesmas, ke rekan media juga bisa. Karena biasanya setelah dimuat di media, baru lah mereka itu sibuk melakukan klarifikasi atau tindakan selanjutnya," kata Mudlofir.

Namun, ia berharap petugas polindes dan pustu bisa memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada warga dimana mereka bertugas. Sehingga, laporan soal perilaku indisipliner tak lagi terdengar.

(ruz)