Badan Pengawas Rumah Sakit Kepri Dukung Akreditasi Dua RSUD di Lingga

Badan Pengawas Rumah Sakit Kepri Dukung Akreditasi Dua RSUD di Lingga

RSUD Encek Maryam Daik Lingga akan menjalani proses akreditasi bersama dengan RSUD Dabo tahun ini (Foto:Ist/Batamnews)

Lingga - Dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kabupaten Lingga, tahun 2019 ini akan menjalani proses akreditasi. Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS) Provinsi Kepulauan Riau sebagai orang tua dari rumah sakit yang ada di Negeri Segantang Lada, memberi dukungan penuh proses tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, Zainal Abidin melalui Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kesehatan, Ahmad Mudlofir mengatakan, kedatangan BPRS Kepulauan Riau ke Lingga, juga dilakukan karena mereka merasa berkepentingan.

"Jadi mereka ingin melihat secara langsung RSUD Encik Maryam dan RSUD Dabo, melihat sarana prasarana yang ada, jumlah tenaga yang tersedia di masing-masing rumah sakit serta permasalahan hambatan yang ada," kata Mudlofir kepada Batamnews.co.id, Sabtu (9/2/2019).

Lanjut dia, BPRS yang terdiri dari unsur pemerintah, profesi dan tokoh masyarakat tersebut mengunjungi Lingga, Kamis (7/2/2019). Kata Mudlofir, BPRS juga mensuport RSUD Dabo dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan, dengan harapan terus berproses dalam perbaikan.

"Maka nantinya BPRS berharap hasil kelulusannya bisa naik bintang. Juga dengan naik bintang kelulusan akreditasinya, diharapkan bisa naik tipe rumah sakit ini," ucapnya.

Sementara itu, Plt Kepala DKPPKB Lingga, Zainal Abidin menyambut baik kunjungan tim BPRS Kepulauan Riau ke Kabupaten Lingga. Dengan adanya kunjungan tersebut, pihak RSUD Encik Maryam dan RSUD Dabo bisa berkonsultasi dalam perbaikan kinerjanya.

Terlebih lagi di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) saat ini, rumah sakit dituntut untuk efisien dan efektif atau melakukan kendali mutu dan biaya dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Kemudian, RSUD di Lingga yang sedang berproses dalam perbaikan mutu pelayanannya melalui akreditasi rumah sakit dapat difasilitasi dalam brancmarking atau pun belajar kepada rumah sakit yang sudah lebih baik keadaannya.

"Kegiatan akreditasi rumah sakit ini merupakan program utama selama Pak Zainal menjabat sebagai Plt Kepala Dinas. Maka kami harap proses akreditasi kedua rumah sakit tersebut dapat berjalan lancar dan memberikan hasil memuaskan nanti," ujar Mudlofir.

Diketahui, kedatangan tim BPRS ke Lingga tersebut didampingi tim Dinas Kesehatan Kepulauan Riau, yang terdiri dari Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Tradisional dan Staff.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews