Ibu-ibu Antusias Pelajari Aplikasi Untuk Cek Nama di DPT

Ibu-ibu Antusias Pelajari Aplikasi Untuk Cek Nama di DPT

Salah satu warga sedang mencoba aplikasi KPU saat sosialisasi di Gedung LAM Batam. (Foto: Johannes Saragih/Batamnews

Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri mengenalkan aplikasi pengecekan nama di Daftar Pemilih Tetap (DPT) kepada puluhan ibu-ibu dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Batam, Senin (4/1/2019).

Acara diadakan di gedung Lembaga Adat Melayu (LAM). Aplikasi yang menjadi bagian dari Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) itu bisa diakses dengan mudah melalui smartphone. Puluhan tamu antusias mengisi setiap kursi yang kosong. 

Widiyono Agung, Divisi Hukum KPU Provinsi Kepri menjelaskan kinerja website dan aplikasi pemilu yang telah disediakan KPU. Aplikasi ini adalah terobosan yang memudahkan masyarakat untuk memeriksakan nama peserta pemilu sudah terdaftar di TPS. 

"Jadi di aplikasi ini, ibu-ibu sekalian bisa memeriksa nama ibu sudah terdaftar atau belum di Daftar Pemilih Tetap dalam pemilu 2019, dalam aplikasi ini juga ibu bisa melihat nama ibu terdaftar di TPS mana," katanya. 

Aplikasi yang di sediakan KPU ini, bisa di download di Playstore untuk android dengan nama KPU RI Pemilu 2019. Sedangkan untuk aplikasinya bisa dibuka di laman www.lindungihakpilihmu.co.id. 

Penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah, peserta pemilu yang sudah memiliki e-KTP cukup memasukkan nama dan NIK nya ke dalam sistem. Selanjutnya sistem yang akan menunjukkan status DPT serta informasi terkait lainnya. 

Tamu undangan tampak antusias mencoba menggunakan aplikasi tersebut setelah mendapat sosialisasi. Bahkan dengan semangat, para audiens menunjukkan siapa yang paling cepat selesai mencoba aplikasi tersebut. 

Melihat antusias peserta, KPU Kepri memberikan bingkisan sebagai penghargaan dari keberhasilan peserta dan antusiasnya mengikuti sosialisasi tersebut. 

Namun adanya kecanggihan ini tentu masih mendatangkan pertanyaan dari masyarakat terkait peserta pemilu yang tidak memiliki ponsel pintar untuk memeriksa status DPT mereka. 

Agung mengatakan hal tersebut tak perlu dirisaukan, KPU sudah berusaha mengantisipasi kekhawatiran teesebut dengan mendata setiap RT untuk menyediakan perlengkapan untuk pengecekan warganya. 

"Nah untuk warga yang jauh dari kecanggihan karena lokasi, ataupun karena tidak memiliki ponsel pintar bisa, pengecakan ini bisa dilakukan ke RT lingkungan mereka, KPU sudah melakukan pemeriksaan dan persiapan disana," ujarnya.

(das)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews