Ketua Bawaslu RI Serius Bicara Rekrutmen Pengawas TPS di Tanjungpinang

Ketua Bawaslu RI Serius Bicara Rekrutmen Pengawas TPS di Tanjungpinang

Ketua Bawaslu RI, Abhan. (Foto: Yogi/Batamnews)

Tanjungpinang - Ketua Bawaslu RI, Abhan meminta Bawaslu di tingkat kabupaten/kota merekrut pengawas TPS dengan serius. Syarat paling utama tidak terikat dengan partai politik.

Hal itu disampaikan Abhan di depan ratusan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Kabupaten dan Kota se Provinsi Kepri di Hotel CK Tanjungpinang, Senin (29/1/2019)  sore.

Abhan mengatkaan rekrutmen pengawas TPS sangatlah berat dan harus dilakukan sebaik-baiknya. "Hal ini agar kita mendapatkan pengawas yang berkapabilitas dan independen," kata Abhan.

Menurutnya pengawas TPS adalah ujung tombak pemilu agar tidak terjadi kecurangan. "Keindependenan sangat perlu diperhatikan, tentu pengawas yang dipilih tidak partisipan partai politik," ujarnya.

Bawaslu sudah menyusun pedoman pelaksanaan rekrutmen pengawas TPS tersebut. "Awal Februari sudah dilakukan. Pengawas TPS punya peran besar," kata Dia.

Selain itu Abhan juga mengatakan, pelatihan saksi partai politik menjadi kewajiban Bawaslu di daerah dalam waktu dekat ini. "Kami memberikan mandat Panwascam untuk pelatihan tersebut, tidak mungkin itu dilakukan kabupaten dan kota karena terlalu banyak," katanya.

Beberapa kota di Kepri sudah memberikan informasi terkait rekrutman tersebut. Seperti di Kota Batam, Bawaslu Kota Batam sudah menyampaikan bahwa membutuhkan 2.957 pengawas TPS dengan usia maksimal 25 tahun dan pendidikan minimal SMA.

(tan)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews