Penyelundupan Mobil dari Singapura ke Jakarta

TNI AL Bongkar Gudang Pengusaha Penyelundup Mobil Mewah di Batam

TNI AL Bongkar Gudang Pengusaha Penyelundup Mobil Mewah di Batam

Tim Lantamal IV Tanjungpinang menjaga mobil selundupan tangkapan (Foto: Batamnews)

Tanjungpinang - Penyelundupan mobil mewah dari Singapura di Batam digagalkan jajaran Pangakalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV melalui Tim Unit I Kejahatan dan Kekerasan Laut (Jatanrasla) bersama Dispamal dan Satgas Bais TNI, Sabtu (19/1/2019) malam.

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama Eko Suyatno mengatakan, pengungkapan itu setelah tim gabungan Unit I Jatanrasla Lantamal IV dan Satgas Bais TNI, menerima informasi tentang adanya kontainer berisi mobil mewah. 

"Mobil tersebut diinformasikan tersimpan di gudang Batam Trans milik seseorang berinisal LT yang berada di Batam Center Sabtu (19/1/2019) malam," kata Eko.  

Baca juga: Begini Cara Penyelundup Samarkan Kontainer Berisi Mobil Mewah

Eko mengatakan, tim gabungan yang beranggotakan 11 orang terdiri dari 2 orang tim Satgas Bais TNI dan 9 orang tim Unit I Jatanrasla Lantamal IV langsung melakukan pemeriksaan berdasarkan informasi tersebut. 

"Gudang Batam Trans itu dijaga oleh P, kami koordinasi dengan Kasi Intel KPU BC Tipe B Batam," katanya. 

Ia melanjutkan, setelah pemeriksaan di gudang ditemukan tiga unit kontainer yang berisi mobil mewah bekas seperti Nissan Skyline GTR33 warna putih, tahun 2000, Nissan Skyline GTR 34, tahun 2000.

"Juga ada sedan Mustang, warna merah tahun 1972," ujarnya.

Tidak hanya sampai di situ, dalam waktu bersamaan tim gabungan terus melakukan pengembangan melalui penjaga gudang berinisial P.

"Dari sana kita dapat informasi diduga sudah ada kontainer yang sama sampai ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta," ujar Eko. 

Koordinasi pun dilakukan dengan Dispamal dan Bea Cukai Tanjung Priok. Sehingga terdapat beberapa kontainer yang dicurigai diamankan ke kantor Bea Cukai Tanjung Priok.

Setelah itu dilakukan pemeriksaan menggunakan x-ray scanner. "Ternyata memang betul di dalam kontainer tersebut adalah 2 unit mobil selundupan lainnya," katanya.

Baca juga: Simpan 3 Paket Sabu, Pria di Kijang Dibekuk Polisi

Eko mengatakan, pengembagan masih terus dilakukan untuk mengungkap tuntas penyeludupan mobil mewah ini. "Ya kebanyakan mobil bekas dari Singapura ke Indonesia melalui Batam," katanya. 

(adi/tan)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews