Jadi Lembaga Pemantau, GMKI Batam Koordinasi dengan Bawaslu

Jadi Lembaga Pemantau, GMKI Batam Koordinasi dengan Bawaslu

Foto: Margaretha/Batamnews

Batam - Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) cabang Batam beraudiensi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam. Hal ini terkait koordinasi persiapan pemilu mendatang.

Sebagai salah satu lembaga yang dinyatakan terakreditasi resmi sebagai lembaga pemilu, GMKI ingin tetap bersinergi dalam menjaga pemilu yang berkeadilan dan majemuk.

Ketua GMKI Cabang Batam, Denny Siallagan mengatakan, koordinasi ini dilakukan sebagai salah satu tugas lembaga pemantau.

"Mewujudkan pemilu di kota batam aman daman dan majemuk," ujar Denny usai audiensi dengan Bawaslu Kota Batam, Senin (14/1/2018).

 

 

Selain itu dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menyampaikan agar Bawaslu beserta lembaga pemantau dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan dan pelaksanaan pemilu.

"Serta kami ikut juga untuk mengumpulkan informasi proses penyelenggaraan pemilu nanti," katanya.

Ia juga menambahkan bahwa koordinasi ini juga dilakukan dengan tujuan untuk ikut serta menyebarluaskan informasi mengenai tahapan, jadwal dan program pemilihan, meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan membantu menyadarkan masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam pemilihan.

"Meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilihan, mengamati dan mengumpulkan informasi proses penyelenggara pemilu," sebutnya.

Adapun tahapan pemilihan yang dipantau dari mulai Pendaftaran, verifikasi berkas dan penetapan calon, tahapan kampanye, masa tenang, tahapan pemungutan dan penghitungan suara dan tahapan reakapitulasi hasil perolehan suara.

"Kami juga ikut mengawal isu hak-hak peserta pemilu dengan kemampuan khusus, yang mengalami diskriminasi sosial, pendidikan politik terhadap peserta pemilih pemula dan pemuda serta pemantauan ujaran kebencian di media sosial," jelasnya.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews