https://www.batamnews.co.id

Saka Bakti Husada Pramuka Lingga Dikukuhkan

Pengurus Saka Bakti Husana Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lingga dikukuhkan, Selasa (18/12/2018) (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Pimpinan, pamong serta instruktur Satuan karya (Saka) Bakti Husada (SBH) Kwartir Cabang Pramuka Lingga masa bakti 2017-2022 dikukuhkan, Selasa (18/12/2018) sore. Wakil ketua (Waka) III Kwarcab Lingga, Sutarman Tirta Sukmana pun dipercaya menjadi pimpinan.

SBH Kwarcab Lingga sendiri sudah berdiri sejak tahun 1986 silam. Tujuan pelantikan pengurus masa bakti 2017-2022 ini pun yakni, untuk melegalitaskan kepengurusan SBH sehingga mampu menjadi pilar terdepan pembentukan watak generasi muda yang sehat.

"Saka Bakti Husada ini merupakan satu dari saka lainnya yang ada di Gerakan Pramuka Indonesia," kata Sutarman kepada Batamnews.co.id, Rabu (19/12/2018).

Baca: Saka Kalpataru Siap Bantu Lingga Pertahankan Adipura

Ia menjelaskan, SBH dibentuk juga sebagai wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan diri kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

"Salah satu upaya membentuk tenaga kader pembangunan kesehatan yakni, membekali anggota SBH dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang kesehatan yang merupakan bagian penting dari pembangunan kesehatan," ujarnya.

Baca: Perkuat Promosi Wisata, Saka Pariwisata Pramuka Lingga Dikukuhkan

Diketahui, kegiatan yang terdapat di dalam SBH tersebut meliputi 6 krida yakni, Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Keluarga Sehat, Krida Pengendalian Penyakit, Krida Bina Gizi dan Krida Bina Obat serta Krida PHBS.

Sebelumnya, Kwartir Cabang Pramuka Lingga juga telah mengukuhkan pengurus Saka Kalpataru serta Saka Pariwisata yang memiliki tujuan masing-masing. Salah satunya untuk mendorong tercapainya Adipura serta langkah mempromosikan pariwisata di Lingga.

(ruz)