Pencurian Motor Marak, Kapolres Hengki: Imbas Kemudahan Kredit

Pencurian Motor Marak, Kapolres Hengki: Imbas Kemudahan Kredit

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Hengki. (Foto: Johannes Saragih/batamnews)

Batam - Pencurian kendaraan bermotor di Batam seolah tak ada habisnya. Para maling beraksi dengan cepat dan hanya membutuhkan hitungan menit untuk membobol kunci motor.

Hal ini terbukti dari ditangkapnya 12 pelaku pencurian motor oleh jajaran Polsek Galang, Batuaji dan Polresta Barelang belum lama ini.

Baca: Ngaku Tak Saling Kenal, 12 Orang Ini Kompak Maling Motor

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Hengki menilai maraknya kasus pencurian ini salah satunya merupakan imbas dari kemudahan mendapatkan kredit untuk memiliki sepeda motor.

Dia mengimbau kepada pemilik diler sepeda motor dan perusahaan pembiayaan agar memperketat persyaratan administrasi para pemohon kredit.

“Pemohon kredit harus jelas. Jangan tanpa uang muka (DP), akhirnya kalau nanti kehilangan akan dibiarkan saja. Inilah yang terjadi,” kata Hengki saat ekspose perkara di Mapolresta Barelang, kemarin.

Hengki juga meminta kepada pemerintah khususnya yang mengatur tempat parkir, meningkatkan pengawasan parkir-parkir liar yang masih ada di beberapa tempat di Kota Batam.

Pengawasan itu diminta oleh Hengki karena tidak adanya pertanggungjawaban oleh yang mengelola parkir liar itu apabila ada kehilangan.

“Juga bagi masyarakat, gunakan terus kunci ganda apabila sedang memarkir kendaraan untuk keamanan,” kata dia.

Baca juga: Hanya Hitungan Menit Kawanan Maling Ini Gondol Motor

Hengki juga meminta kepada pemilik kendaraan roda empat agar tidak meninggalkan barang-barang berharganya di dalam apabila sedang dalam keadaan terparkir.

“Sekarang juga banyak kasus pecah kaca mobil,” ucapnya.

(ude)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews