Mau Daftar CPNS? Pembuatan SKCK Hanya Dilayani di Polresta Barelang

Mau Daftar CPNS? Pembuatan SKCK Hanya Dilayani di Polresta Barelang

Petugas menyerahkan dokumen SKCK yang sudah jadi kepada pemohon. (Foto: Johannes/batamnews)

Batam - Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) menjadi salah satu dokumen yang diisyaratkan jika pelamar lolos dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini.

Pembuatan dokumen ini cukup mudah, namun demikian untuk SKCK yang akan digunakan dalam pendaftaran CPNS hanya bisa dibuat di Polresta Barelang.

"Di Polda (Kepri) juga bisa tetapi (pengambilan) sidik jari tetap ke sini (Polresta Barelang)," kata Elisabatet, petugas pembuatan SKCK di Satuan Intelkam Polresta Barelang, Selasa (25/9/2018).

Ia melanjutkan, dibandingkan hari biasa ketika ada pembukaan lowongan kerja seperti CPNS, Polisi, atau pun lainnya jumlah warga yang membuat memang meningkat.

"Kalau hari biasa karena sepi tidak ada antrean, sekarang dibatasi 100 orang, karena pengerjaan membutuhka waktu," katanya.

Ia mengatakan, 100 antrean tersebut hanya bisa dibagikan pagi hari mulai pukul 08.00 WIB. Jika habis, warga terpaksa mengambil antrean pada hari esoknya. 

Pantauan Batamnews.co.id, warga yang hendak membuat atau memperpenjang SKCK terlebih dahulu mengambil nomor antrean.

Setelah itu melengkapi berkas persyaratan. Kemudian melakukan sidik jari hingga pengambilan foto. Pengunjung tinggal menunggu SKCK yang keluar pada hari itu juga. 

Pembuatan SKCK dipungut biaya PNBP (penerimaan negara bukan pajak) sebesar Rp30.000 setiap pembuatan.

Sampai siang ini masih ada warga yang berdatangan untuk mengambil nomor antrean. Namun petugas langsung mengarahkan untuk mengambil besok.

Berikut syarat-syarat untuk pembuatan SKCK di Polresta Barelang : 

- Fotokopi KTP 2 lembar, Kartu Keluarga 2 lembar, akte kelahiran atau ijazah 2 lembar.

- Kemudian pas foto berlatar belakang merah untuk SKCK ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar, pas foto untuk sidik jari 4x6 4 lembar serta dua lembar map merah. 

(tan)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews