Dewan Minta Semua Tangkapan Bea Cukai Batam Diekspos

Dewan Minta Semua Tangkapan Bea Cukai Batam Diekspos

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi saat ekspos operasi dengan Bea Cukai (Kastam) Malaysia. (foto: edo/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Bea Cukai Batam sedang disoroti terkait maraknya aksi tindakan penyelundupan di Batam. Beberapa operasi yang digelar seperti dengan Bea Cukai Malaysia terkesan hanya seremonial saja. Sebab, penyelundupan justru makin banyak saat operasi berjalan.
 
Komisi I DPRD Batam meminta menyiapkan Bea Cukai segera mengekpos nama-nama penyelundup agar masyarakat tahu wajah pelaku kejahatan.

"Beberapa kasus penyelundupan yang telah diungkap oleh Bea Cukai, saya minta disiapkan minggu ini, siapa saja pengusaha dan aparat yang bermain agar dibuka," ujar Mesrawati Tampubolon anggota Komisi I DPRD Batam dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kantor Pelayanan Umum Bea Cukai Batam pada Rabu (21/9/2016) sore.

Mesrawati menyebutkan, permintaan ini akan menjadi efek jera dan wajah serta nama pelaku dapat dilihat oleh masyarakat. "Biar kita kasih shock terapi,"ujar anggota Fraksi Partai Demokrat tersebut.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan KPU Bea Cukai Batam Mujayin saat mengikuti RDP mengatakan bahwa BC Batam telah melakukan penindakan.

Mujayin menyebutkan, selama tahun 2016 ada 240 kasus yang diungkap diantaranya kasus handphone, beras, gula.
Kasus cukai ada 53 kasus yakni untuk rokok dan minuman beralkohol.

Kasus narkotika untuk sabu-sabu, ekstasi dan narkoba jenis lain.

Terkait permintaan Mesrawati Tampubolon, Mujayin meminta waktu beberapa hari untuk disiapkan. "Saya minta waktu untuk siapkan daftar namanya," pungkasnya.

(jim)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews