Ketabahan Romiyati, Berjualan Kerupuk Jangkek di Tengah Kesulitan Hidup

Ketabahan Romiyati, Berjualan Kerupuk Jangkek di Tengah Kesulitan Hidup

Ibu Romiyati menjual kerupuk Jangkek. (Foto: Juwita/Batamnews)

Batam, Batamnews – Di tengah kerasnya kehidupan, seorang perempuan paruh baya di Batam, Ibu Romiyati, terus berjuang mencari nafkah. Berusia 60 tahun, Ibu Romiyati tidak kenal lelah menjual kerupuk jangkek untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, meskipun hidupnya penuh dengan tantangan ekonomi dan keterbatasan fisik yang dihadapi di usianya.

Berangkat dari rumahnya di Batu Aji setiap hari, ia mengambil kerupuk yang diproduksi dekat rumahnya untuk dijual keliling di Batam Center. Dengan modal kecil dan untung yang tidak seberapa, ia menjalani hari-harinya dari jam 8 pagi hingga 6 sore, berjualan menggunakan bus umum, menghadapi panas terik matahari dan derasnya hujan.

“Penghasilan dari menjual kerupuk ini kadang tidak cukup untuk kebutuhan sehari-hari, apalagi saya masih menyewa tempat di Batu Aji,” ujar Romiyati, saat ditemui di halte Trans Batam. “Kadang saya berkeliling tapi sepi pembeli, terutama saat hujan.”

Baca juga: Beasiswa Pendidikan Indonesia 2024: Kesempatan Studi Gelar dan Non-Gelar dari Kemendikbudristek!

Tiga bulan yang lalu, Ibu Romiyati kehilangan suaminya yang meninggal. Kini, ia harus semakin berjuang sendiri tanpa ada tempat untuk bersandar atau mengadu. Dari tiga anak yang dimilikinya, hanya satu yang berada di dekatnya, sementara dua lainnya memiliki keluarga dan kesulitan sendiri. Anak bungsunya yang baru lulus SMK pun masih berusaha keras mencari pekerjaan.

“Bagi saya sekarang tidak ada hari libur, sakit pun saya tahan karena kalau tidak kerja saya tidak bisa makan,” ungkap Ibu Romiyati dengan nada sedih.

Namun, di tengah kesulitan yang dialami, Ibu Romiyati masih merasa bersyukur karena masih bisa mendapatkan pekerjaan. Ditambah lagi, ia sering bertemu dengan ibu-ibu di Batam Center yang tidak hanya membeli kerupuknya, tetapi juga sesekali memberikan bantuan sembako.

Penulis: Juwita Lasmaria Sinaga


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews