Kloter Pertama Calon Jemaah Haji Batam Berangkat ke Tanah Suci

Kloter Pertama Calon Jemaah Haji Batam Berangkat ke Tanah Suci

Jemaah calon haji embarkasi 1 Batam berangkat ke tanah suci Mekah. (Foto: Asrul/Batamnews)

Batam, Batamnews - Kesiapan dan kegembiraan menyelimuti Asrama Haji Embarkasi Batam pada Sabtu, 11 Mei 2024, seiring dengan berkumpulnya ratusan calon haji kloter pertama dari berbagai daerah termasuk Natuna, Tanjungpinang, Bintan, dan Batam. 

Menurut jadwal, keberangkatan perdana kloter pertama ke Tanah Suci dijadwalkan pada Minggu, 12 Mei 2024.

Mahbub Daryanto, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam, mengonfirmasi bahwa seluruh jemaah kloter pertama telah berkumpul di asrama. Calon jemaah dari Kabupaten Natuna telah tiba lebih awal, yaitu dua hari sebelumnya.

Baca juga: Dilepas dengan Doa, 82 Jamaah Calon Haji Kabupaten Bintan Siap Berangkat ke Tanah Suci

"Total ada 445 jemaah dan 5 petugas yang akan berangkat besok subuh, dengan penerbangan yang dijadwalkan takeoff dari Bandara Hang Nadim pukul 06:59 WIB," ungkap Daryanto.

Tahun ini, PPIH Embarkasi Batam kembali menekankan pada konsep 'haji ramah lansia', yang mencerminkan komitmen untuk memberikan kenyamanan kepada jemaah lanjut usia. Upaya ini termasuk penyesuaian seremonial pelepasan guna menghindari kelelahan bagi para jemaah.

Setiap jemaah telah menerima gelang identitas dan dana saku sebesar 750 riyal Arab Saudi. Gelang tersebut bukan hanya sebagai pengenal tetapi juga diharapkan untuk tetap dipakai sampai jemaah kembali ke Indonesia sebagai pengamanan identitas terakhir.

Baca juga: Bandara SSK II Pekanbaru Siap Fasilitasi Penerbangan 3.294 Jamaah Calon Haji Riau

"Kami ingatkan kepada semua jemaah bahwa gelang identitas harus tetap dipakai dan tidak boleh hilang sampai mereka kembali ke Indonesia," tegas Daryanto.

Suasana haru dan sedih bercampur menjadi satu di asrama haji, terutama di kalangan keluarga yang mendampingi. Masmiah, seorang wanita berusia 36 tahun dari Tanjungpinang, hadir bersama suaminya untuk menemani dan mengantar orang tuanya yang tergabung dalam rombongan kloter pertama.

"Sungguh ada perasaan sedih dan haru melihat mereka bersiap berangkat. Mereka sudah tua, dan meski kami ingin menemani lebih lama, kami hanya bisa berdoa agar Allah memberikan kesehatan dan kelancaran kepada semua jemaah haji hingga mereka kembali lagi ke sini," ujar Masmiah dengan mata berkaca-kaca.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews