Siap-siap! Delapan Instansi Terkemuka Bakal Buka Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2024

Siap-siap! Delapan Instansi Terkemuka Bakal Buka Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2024

Sekolah kedinasan mulai dibuka bagi pelajar yang baru tamat sekolah.

Batam, Batamnews - Pada tahun 2024, para calon pelamar di Indonesia dipersilakan untuk mempersiapkan diri karena delapan instansi terkemuka akan membuka pendaftaran sekolah kedinasan. 

Hal ini diumumkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), yang menjadi koordinator dalam proses ini.

Instansi yang akan membuka pendaftaran tersebut antara lain:

  1. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)
  2. Kementerian Keuangan (Kemenkeu)
  3. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)
  4. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)
  5. Badan Intelijen Negara (BIN)
  6. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)
  7. Badan Pusat Statistik (BPS)
  8. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

Baca juga: Partai Paling Banyak Berperkara dalam Penyelesaian 297 Sengketa PHPU Pileg 2024 oleh Mahkamah Konstitusi

Registrasi untuk sekolah kedinasan direncanakan akan dibuka pada bulan Maret 2024, meskipun belum ada informasi pasti karena kesiapan dan dinamika yang terus berubah. Menpan RB, Abdullah Azwar Anas, mengajak para putra dan putri terbaik bangsa untuk ikut mendaftar sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Pelaksanaan seleksi akan mengikuti Peraturan Menpan RB Nomor 20 Tahun 2021 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga (K/L). 

Tujuannya adalah untuk melahirkan calon-calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdedikasi, kompeten, dan inovatif dalam menyelesaikan permasalahan rakyat.

Setelah mendaftar, pelamar akan melewati beberapa tahapan seleksi, termasuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang menggunakan sistem berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT). Pelaksanaan SKD direncanakan akan berlangsung dari bulan April hingga Mei 2024.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kemenpan RB, Aba Subagja, menegaskan bahwa seluruh tahapan seleksi telah terintegrasi dan terkomputerisasi untuk mencegah kecurangan dan praktik percaloan.

Persyaratan umum untuk mendaftar di sekolah kedinasan antara lain adalah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta tidak pernah terlibat dalam tindak pidana.

Baca juga: Perayaan Hari Buruh di Bintan: Bupati Roby Sebut Buruh Sebagai Penggerak Ekonomi

Selain itu, pelamar harus memenuhi persyaratan seperti berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), belum pernah menikah atau melahirkan bagi calon pelamar perempuan, belum pernah memiliki anak biologis bagi calon pelamar laki-laki, tidak bertato atau memiliki bekas tato kecuali diakibatkan oleh ketentuan agama atau adat, tidak bertindik atau memiliki bekas tindik kecuali diakibatkan oleh ketentuan agama atau adat, sehat jasmani dan rohani, memperoleh persetujuan dari orang tua/wali, bukan pegawai negeri sipil (PNS), prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), tidak pernah mengikuti pendidikan PNS, TNI, atau Polri, serta tidak sedang terikat perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews