Seragam Baru Sekolah dibuat Nadiem Makarim untuk Memperkuat Nasionalisme dan Kedisiplinan

Seragam Baru Sekolah dibuat Nadiem Makarim untuk Memperkuat Nasionalisme dan Kedisiplinan

Seragam baru bagi anak sekolah sesuai kebijakan menteri pendidikan nasional.

Jakarta, Batamnews - Kebijakan seragam baru untuk siswa SD, SMP, hingga SMA/SMK yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nadiem Makarim, kembali menjadi sorotan publik. 

Dilansir oleh Batamnews.co.id pada Jumat, 12 April 2024, kebijakan ini didasarkan pada Permendikbud nomor 50 Tahun 2022.

Nadiem menegaskan pentingnya menanamkan jiwa nasionalisme dan kedisiplinan kepada generasi muda melalui seragam sekolah. Dalam penjelasannya, Nadiem menyatakan bahwa penetapan ini juga bertujuan untuk meningkatkan citra satuan pendidikan di Indonesia.

Baca juga: Jadwal Lengkap dan Kedatangan Kapal Pelni: KM Dorolonda April 2024

Berikut adalah jenis-jenis seragam baru untuk SD, SMP, hingga SMA/SMK yang telah ditetapkan oleh Kemendikbudristek:

  1. Pakaian Seragam Nasional: Seragam ini adalah pakaian yang dikenakan oleh peserta didik di sekolah dengan model dan warna yang sama, dan berlaku secara nasional. Pakaian Seragam Nasional wajib dikenakan setiap hari Senin dan Kamis, serta pada hari pelaksanaan upacara bendera di sekolah.
  2. Pakaian Seragam Pramuka: Seragam pramuka mengacu pada model dan warna yang ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Seragam ini wajib dikenakan pada hari yang telah ditetapkan oleh masing-masing sekolah.
  3. Pakaian Seragam Khas Sekolah: Model dan warna pakaian seragam khas sekolah ditetapkan oleh masing-masing sekolah dengan memperhatikan hak setiap peserta didik untuk menjalankan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinannya. Pakaian seragam khas sekolah wajib dikenakan pada hari yang telah ditetapkan oleh masing-masing sekolah.
  4. Pakaian Seragam Adat: Penggunaan pakaian seragam adat adalah opsional dan digunakan oleh peserta didik pada hari atau acara adat tertentu.

Baca juga: Mengais Rezeki dari Es Dawet di Pasar Jodoh Batam, Pak Eko Raup Omzet hingga Jutaan

Kebijakan ini mencerminkan komitmen Nadiem Makarim untuk memperkuat nilai-nilai nasionalisme dan kedisiplinan di kalangan siswa, sambil memberikan ruang bagi keberagaman agama dan budaya di Indonesia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews