Bawaslu Riau Buka Pendaftaran Pengawasan untuk Pilkada 2024, Persyaratan dan Ketentuan

Bawaslu Riau Buka Pendaftaran Pengawasan untuk Pilkada 2024, Persyaratan dan Ketentuan

Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal.

Pekanbaru, Batamnews - Bawaslu Riau bersama dengan Bawaslu Kabupaten/Kota telah mengambil langkah proaktif guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mempersiapkan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. 

Melalui keputusan ini, mereka akan membentuk Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dengan proses rekrutmen yang lebih profesional. Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal, menegaskan pentingnya proses rekrutmen yang profesional dalam merespons kekhawatiran masyarakat terhadap kualitas pengawas ad hoc. 

"Kalau kita profesional dalam melakukan rekrutmen akan menghasilkan hasil pengawas yang juga baik dan berintegritas," ujarnya kepada wartawan pada Rabu, 24 April 2024.

Baca juga: Penggrebekan Gudang di Pekanbaru Ungkap Penyimpanan Ribuan Kardus Kosmetik dan Obatan Ilegal

Adapun beberapa ketentuan dalam perekrutan Panwascam adalah sebagai berikut:

  1. Kategori Peserta: Peserta seleksi Panwascam terdiri dari dua kategori, yakni peserta _existing_ yang merupakan anggota Panwaslu Kecamatan yang saat ini telah atau sedang melaksanakan tugas pengawasan Pemilu tahun 2024, serta peserta pendaftar baru yang bukan anggota Panwaslu Kecamatan pada Pemilu tahun 2024.
  2. Evaluasi Kinerja: Peserta _existing_ akan menjalani penilaian evaluasi kinerja oleh Bawaslu Kabupaten/Kota sesuai dengan standar evaluasi yang telah ditetapkan.
  3. Seleksi Pendaftar Baru: Peserta pendaftar baru akan mengikuti serangkaian tes sesuai dengan tahapan seleksi yang telah ditetapkan.
  4. Keterpenuhan Syarat: Peserta _existing_ yang tidak memenuhi syarat tidak dapat mendaftar sebagai peserta baru dalam seleksi calon anggota Panwascam.

Proses keterpenuhan syarat untuk peserta _existing_ mulai dari penerimaan dan verifikasi berkas administrasi hingga penetapan nama yang memenuhi syarat dilaksanakan mulai tanggal 23 April 2024 hingga 2 Mei 2024. 

Baca juga: Duh, Masih Ada Masyarakat di Pekanbaru Buang Sampah Sembarangan, Kadis LH Ingatkan Sanksi

Sedangkan proses rekrutmen bagi pendaftar baru, termasuk penerimaan, penelitian, verifikasi berkas administrasi calon, hingga pengumuman nama-nama terpilih, akan dilaksanakan mulai tanggal 5 Mei 2024 hingga 23 Mei 2024.

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan bagi peserta _existing_ dan pendaftar baru dapat dilihat melalui website resmi Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.

Langkah ini diharapkan dapat memastikan bahwa pengawasan Pilkada 2024 di Riau akan dilakukan oleh tenaga yang berkualitas dan berintegritas, sehingga proses demokrasi dapat berjalan dengan baik dan adil sesuai dengan harapan masyarakat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews