Tiga Daerah di Riau Siaga Karhutla, Dumai dalam Tahap Pendinginan

Tiga Daerah di Riau Siaga Karhutla, Dumai dalam Tahap Pendinginan

Ilustrasi petugas melakukan pemadaman api akibat karhutla.

Pekanbaru, Batamnews - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih menjadi perhatian serius di Provinsi Riau. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, menyatakan bahwa saat ini tim gabungan masih berupaya memadamkan Karhutla di beberapa daerah.

Daerah yang terdampak Karhutla di antaranya adalah Kabupaten Pelalawan, khususnya di daerah Teluk Meranti. Sementara itu, Kota Dumai sudah dalam tahap proses pendinginan setelah berhasil memadamkan api.

Selain itu, Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Kepulauan Meranti juga dilaporkan telah terjadi Karhutla. 

Baca juga: BPBD Riau Siapkan Status Siaga Darurat Karhutla Tingkat Provinsi

"Untuk Karhutla di Dumai dan Meranti beberapa waktu sudah padam. Namun, belakangan ini terpantau ada muncul titik Karhutla yang baru," jelas Edy kepada wartawan pada Kamis, 21 Maret 2024.

Edy juga menyampaikan bahwa saat ini sudah ada tiga daerah di Riau yang menetapkan status siaga Karhutla. Ketiga daerah tersebut adalah Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, dan Kota Dumai. 

"Untuk daerah yang sudah menetapkan status siaga ada tiga, yakni Siak, Bengkalis, dan Dumai. Untuk daerah lain belum ada," ungkapnya.

Pemerintah daerah bersama tim gabungan terus berupaya mengendalikan dan memadamkan Karhutla di Riau agar tidak meluas dan menimbulkan dampak yang lebih besar bagi masyarakat dan lingkungan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews