Sidang Isbat Hari Ini, Batam Sebagai Titik Pantau Hilal Awal Ramadan

Sidang Isbat Hari Ini, Batam Sebagai Titik Pantau Hilal Awal Ramadan

Sidang Isbat penentuan satu Ramadan.

Batam, Batamnews - Pada hari ini, Minggu, 10 Maret 2024 pemantauan hilal atau bulan sabit, penanda awal bulan baru dalam kalender Hijriah, akan dilakukan sebelum sidang isbat yang menetapkan awal Ramadan 1445 Hijriah. 

Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau menjadi salah satu titik pantau Hilai awal Ramadan di Provinsi Kepri. Sidang isbat diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan organisasi Islam lainnya. 

Pada sidang ini, hasil pemantauan hilal dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Kota Batam, akan menjadi pertimbangan utama.

Baca juga: Catat! Dinas Pendidikan Kota Batam Umumkan Jadwal Libur Sekolah Ramadhan dan Idu Fitri 1445 H

Kepala Kantor Kemenag Kota Batam, Zulkarnain, menyatakan bahwa Batam terpilih menjadi salah satu dari 130 titik pantau yang direkomendasikan oleh Kemenag RI. 

"Kami akan melakukan pemantauan hilal di VTC Center Batam, Kelurahan Tanjung Sengkuang, Kecamatan Batu Ampar, Batam," ujar Zulkarnain.

Pemantauan hilal di Batam melibatkan tim dari Kemenag Kota Batam, MUI Kota Batam, dan beberapa organisasi Islam lainnya, termasuk pihak pengadilan. 

Potensi pemantauan hilal di Batam dianggap cukup baik berkat letak geografisnya yang berada di garis khatulistiwa. Pemantauan ini akan dimulai sekitar pukul sore hari.

Baca juga: DJ Iin Mustafa Ditemukan Meninggal di Rumahnya di Tiban Makmur, Batam: Dia Sosok yang Baik Hati

Dengan demikian, perhatian tertuju pada Kota Batam sebagai salah satu pos pemantauan hilal, diharapkan dapat memberikan kontribusi penting dalam penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah melalui sidang isbat yang akan datang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews