KPU Karimun Gelar Pleno Tingkat Kabupaten Hasil Pemilu 2024

KPU Karimun Gelar Pleno Tingkat Kabupaten Hasil Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun mulai menggelar rapat pleno tingkat kabupaten untuk hasil pemilu 2024. Pleno ini dilaksanakan di Gedung Nasional Karimun, dimulai pada Kamis, 29 Februari 2024, dan akan berlangsung hingga 3 Maret 2024. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun mulai menggelar rapat pleno tingkat kabupaten untuk hasil pemilu 2024. Pleno ini dilaksanakan di Gedung Nasional Karimun, dimulai pada Kamis, 29 Februari 2024, dan akan berlangsung hingga 3 Maret 2024.

Perwakilan dari masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan partai politik terlihat hadir dalam pleno tersebut. Ketua KPU Kabupaten Karimun, Mardanus, menyampaikan bahwa pleno tingkat kabupaten dilakukan setelah selesainya rekapitulasi di tingkat PPK. 

"Kita mulai melakukan rapat pleno hasil penghitungan suara tingkat Kabupaten, dilaksanakan mulai hari ini dan akan berlanjut hingga tanggal 3 Maret 2024," kata Mardanus.

Baca juga: Abdul Manaf Berpeluang Kembali Duduk di DPRD Karimun Pasca Pemilu 2024

Mardanus juga menjelaskan bahwa rekapitulasi dilakukan untuk masing-masing kecamatan. Untuk pleno yang telah selesai dilaksanakan pada pagi hari, meliputi Kecamatan Kundur Utara dan Belat.

"Dari hasil penyampaian kawan-kawan PPK terhadap hasil tersebut, Alhamdulillah tidak ada bentuk sanggahan atau perbedaan yang diperoleh kawan-kawan saksi dan Bawaslu," ujar Mardanus.

Penghitungan suara dalam pleno ini meliputi hasil pemilihan Calon Presiden-Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten. Setelah rekapitulasi selesai dilakukan, hasilnya akan disampaikan ke tingkat Provinsi dan KPU Pusat. 

Baca juga: Caleg NasDem Binner Manalu di Karimun, Melapor ke Bawaslu Adanya Dugaan Kecurangan 

"Tentu nanti, tidak adanya hal yang dipermasalahkan atau disengketakan, tiga hari setelah itu kita laksanakan atas keputusan KPU RI untuk penetapan atau penentuan calon terpilih," ujar Mardanus.

Pleno tingkat kabupaten ini merupakan langkah penting dalam proses pemilu, untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam penghitungan suara.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews