ASDP Batam Tingkatkan Pelayanan Jelang Ramadhan di Pelabuhan Punggur

ASDP Batam Tingkatkan Pelayanan Jelang Ramadhan di Pelabuhan Punggur

General Manager (GM) ASDP Pelabuhan Roro Telaga Punggur, Nana Sutisna. (Foto: Annas/Batamnews)

Batam, Batamnews - Menyambut bulan Ramadhan dan Lebaran, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Batam mengumumkan peningkatan pelayanan di Pelabuhan Punggur, Kota Batam, untuk mengantisipasi lonjakan jumlah kendaraan. 

General Manager (GM) ASDP Pelabuhan Roro Telaga Punggur, Nana Sutisna, menyampaikan beberapa langkah strategis yang akan diambil perusahaan, pada Rabu, 28 Februari 2024.

Dalam menghadapi periode puncak, ASDP akan menambah jumlah armada kapal dari 4 menjadi 5 kapal untuk memastikan kelancaran proses penyeberangan. "Biasanya, kalau ramai kita menambahkan jumlah armada kapal," kata Nana.

Baca juga: Jelang Puasa Ramadhan Harga Beras Naik di Tanjungpinang, Bagaimana Dengan Gula Pasir

Untuk mempercepat layanan selama periode sibuk, ASDP juga akan mengurangi Port Time dari satu jam menjadi 45 menit, memungkinkan pengguna jasa untuk tidak menunggu terlalu lama di dermaga. 

Koordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) telah dilakukan untuk menetapkan kebijakan Extra Trip, sehingga pelayanan kepada pengguna jasa angkutan laut dapat berlangsung cepat dan efisien.

"Kami juga berkoordinasi dengan BPTD untuk menambah Extra Time, yang sebelumnya jam operasional berakhir pukul 20.00WIB, kita tambahkan hingga malam hari, sehingga pengguna dapat terus dilayani," ujar Nana.

Mengantisipasi lonjakan pemudik jelang Ramadhan, ASDP telah berkoordinasi dengan BPTD untuk meningkatkan pelayanan, termasuk persiapan armada kapal yang beroperasi dan penambahan kapal jika diperlukan. 

Baca juga: Ketersediaan Beras di Kepri Selama Ramadhan dan Idul Fitri Aman

Khusus untuk pengguna kendaraan roda dua, ASDP akan mempersiapkan kapal khusus untuk mengangkut sepeda motor, mengurangi kemungkinan kepadatan dan antrian panjang di dermaga.

Selain itu, ASDP juga akan mengimplementasikan sistem Hotline untuk pemesanan tiket dan booking antrian, yang akan disosialisasikan menjelang awal bulan Ramadhan. Tujuannya adalah untuk meminimalisir kepadatan di dermaga, memudahkan pengguna jasa dalam mendapatkan tiket dengan menunjukkan kode booking.

"Jadi akan segera kami sosialisasikan, mungkin awal bulan Ramadhan, sistem hotline ini. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kepadatan di dermaga," terang Nana.

Selain itu, ASDP juga akan mempersiapkan kapal khusus untuk keperluan penting, seperti mengangkut orang yang sakit dan kebutuhan mendesak lainnya, menunjukkan komitmen ASDP dalam menyediakan pelayanan yang komprehensif bagi pengguna jasa di Pelabuhan Punggur menjelang dan selama Ramadhan serta Lebaran.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews