Lingga Buka Peluang Wujudkan Trayek Baru Pelayaran Internasional Sei Tenam-Johor Bahru Malaysia

Lingga Buka Peluang Wujudkan Trayek Baru Pelayaran Internasional Sei Tenam-Johor Bahru Malaysia

Dalam kehadiran yang disambut hangat, juga dilakukan penyerahan cendramata dari Bunda Tanah Melayu kepada Datok Kolonel Jamal, Direktur Pelaksana terminal feri, atas nama Bupati Lingga. (Foto: istimewa)

Lingga, Batamnews - Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), membuka lembaran baru dalam sejarah konektivitasnya dengan Malaysia melalui peluncuran terminal feri Belungkor-Johor pada Selasa, 6 Februari 2024. 

Acara peluncuran yang dihadiri oleh Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga ini, menandakan era kerja sama yang lebih erat antara kedua wilayah.

Bupati Lingga, melalui Kadishub Lingga, Hendry Efrizal, mengungkapkan optimisme terhadap potensi besar yang dibawa oleh terminal baru ini untuk masyarakat Lingga. Dengan rencana pembukaan trayek Belungkor Johor-Sei Tenam, prioritas utama adalah memperbaiki infrastruktur di Pelabuhan Sei Tenam dan meningkatkan fasilitas imigrasi di Dabo.

Baca juga: Listrik 24 Jam Kini Menyinari Dusun Sambau, Air Kelat, dan Sungai Nona di Lingga Utara

"Pelabuhan Belungkor, Johor tidak hanya membuka pintu bagi wisatawan namun juga menjadi jembatan untuk memasarkan produk lokal Lingga ke pasar internasional," ujar Hendry Efrizal.

Salah satu inisiatif utama adalah penggunaan kapal penyeberangan (Roro) dan kapal kargo untuk meningkatkan distribusi barang dan produk makanan dari Lingga, menciptakan sinergi ekonomi baru antara Lingga dan Malaysia.

Kadishub Lingga menambahkan, kegiatan ini juga didukung oleh pertemuan dengan agen dan operator feri untuk membahas lebih lanjut tentang peluang yang terbuka dengan adanya terminal feri baru ini. Koordinasi dengan pihak imigrasi juga menjadi fokus utama untuk mendukung upaya ini.

"Inisiatif terminal feri Belungkor, Johor adalah langkah maju bagi ekonomi Kabupaten Lingga, membuka peluang baru bagi industri dan masyarakat," kata Hendry Efrizal.

Baca juga: Impian Warga Senempek Lingga Nikmati Jaringan Internet Lancar Segera Terwujud, Telkomsel Mulai Bangun Tower di Simpang Lima

PT. Bahtera Empat Wisesa Shipping, sebagai salah satu pihak pelayaran nasional, turut menyuarakan dukungan untuk pembukaan rute baru Lingga - Johor Bahru. 

"Akses internasional antara Lingga dan Malaysia akan membawa dampak positif, tidak hanya dalam meningkatkan kunjungan wisatawan tetapi juga dalam memacu pertumbuhan ekonomi lokal," ungkap Masril dari PT. Bahtera Empat Wisesa Shipping.

Dengan perjalanan dari Sei Tenam ke pelabuhan Belungkor, Johor Bahru hanya memakan waktu sekitar 3 hingga 4 jam, inisiatif ini diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi Lingga.

Kabupaten Lingga dan para pemangku kepentingan terkait diharapkan dapat bergerak cepat dalam meningkatkan fasilitas pelabuhan dan status imigrasi Dabo Singkep, untuk memaksimalkan manfaat dari pembukaan terminal feri baru ini bagi masyarakat Lingga dan hubungan bilateral dengan Malaysia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews