Vihara Budhi Bhakti Budha Batam Siapkan 60 Dupa Raksasa Sambut Tahun Naga Kayu

Vihara Budhi Bhakti Budha Batam Siapkan 60 Dupa Raksasa Sambut Tahun Naga Kayu

Menjelang perayaan Imlek, Vihara Budhi Bhakti Budha melakukan persiapan yang cukup matang. Hendra Kiong, salah satu staf harian vihara mengungkapkan persiapan perayaan Imlek tahun ini berlangsung seperti biasa, tanpa ada penyelenggaraan khusus. (Foto: Asrul/Batamnews)

Batam, Batamnews - Tahun baru Imlek 2575 Kongzili akan segera tiba. Tahun ini, perayaan Imlek jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024. Tahun baru Imlek kali ini dilambangkan dengan shio Naga Kayu, yang melambangkan kekuatan, keberanian, dan kemakmuran.

Di Kota Batam, salah satu vihara yang menjadi tujuan utama para peziarah adalah Vihara Budhi Bhakti Budha. Vihara yang beralamat di Jalan Pembangunan, Kecamatan Lubuk Baja ini merupakan vihara tertua di Batam.

Vihara Budhi Bhakti Budha berdiri di bawah naungan Yayasan Budhi Dharma Agama Budha Batam. Vihara memiliki arsitektur yang megah dan indah, dengan ornamen-ornamen khas Tiongkok. 

Baca juga: Sambut Kemeriahan Imlek 2575, PKP Peduli Kunjungan Sosial ke Panti Jompo

Menjelang perayaan Imlek, Vihara Budhi Bhakti Budha melakukan persiapan yang cukup matang. Hendra Kiong, salah satu staf harian vihara mengungkapkan persiapan perayaan Imlek tahun ini berlangsung seperti biasa, tanpa ada penyelenggaraan khusus.

Adapun yang dipersiapkan antara lain 60 dupa raksasa yang ditempatkan di halaman depan gerbang masuk vihara. Dupa raksasa ini memiliki ukuran yang cukup besar, sekitar 2 meter tingginya. 

Dupa nantinya akan dibakar pada malam Imlek, yaitu pada Jumat, 9 Februari 2024, sekitar pukul 10 malam. Bakar Dupa disebut dengan sembahyang Tuhan, yang merupakan ritual utama dalam perayaan Imlek.

Baca juga: Imlek Tahun ini Tidak Ada Perayaan Khusus, PSMTI Kepri ajak Warga Batam Gunakan Hak Pilih

"Kami juga memasang ratusan lampion di setiap penjuru vihara. Semuanya didominasi balutan warna merah, yang melambangkan keberuntungan dan kebahagiaan," tambah Hendra Kiong.

Selain itu, vihara juga melakukan pembersihan dan pengecatan di beberapa bagian yang dirasa perlu. Hal ini bertujuan untuk membuat vihara tampak lebih bersih dan rapi, serta menarik perhatian para peziarah.

Hendra Kiong berharap, perayaan Imlek tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan khidmat. Ia juga mengajak masyarakat Batam, khususnya yang beragama Budha untuk datang ke vihara dan berpartisipasi dalam perayaan Imlek dalam kebahagiaan dan kebersamaan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews