Tips Parkir Motor Aman di Rumah untuk Warga Batam, Cegah Jadi Sasaran Curanmor

Tips Parkir Motor Aman di Rumah untuk Warga Batam, Cegah Jadi Sasaran Curanmor

Kendaraan yang diamankan di pelabuhan ASDP Tanjung Uban. (Foto: istimewa)

Bintan, Batamnews - Insiden penemuan enam unit sepeda motor tak bertuan di Pelabuhan ASDP Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, yang diduga hasil curian dari Kota Batam, memicu kekhawatiran akan maraknya aksi pencurian motor (curanmor). 

Berikut ini adalah tips parkir motor di rumah untuk menghindari menjadi korban curanmor:

1. Posisi Parkir yang Strategis: Parkirkan motor Anda di area rumah yang sering dilalui orang dan terjangkau oleh penerangan. Hindari area terpencil yang jarang terpantau.

2. Gunakan Gembok Tambahan: Selain menggunakan kunci pengaman bawaan motor, tambahkan gembok tambahan pada roda atau rantai motor Anda.

Baca juga: Lima Motor Matic dan Satu Trail Diamankan Polisi Bintan di Pelabuhan Roro, Cek Plat Disini!

3. Pengamanan Ganda: Pasang alat pengaman tambahan seperti alarm motor atau kunci ganda yang mempersulit pencuri untuk beraksi.

4. Parkir Dalam Garasi: Jika memiliki garasi, manfaatkan untuk memarkir motor dan pastikan pintu garasi selalu terkunci.

5. Cover Motor: Menggunakan cover motor tidak hanya melindungi dari debu dan panas, tapi juga membuat motor kurang terlihat dan menarik bagi pencuri.

6. Instalasi CCTV: Pasang kamera CCTV yang terarah pada tempat parkir motor Anda. Ini akan berfungsi sebagai pencegahan dan memudahkan identifikasi bila terjadi pencurian.

7. Gunakan Rantai Besi: Rantai motor ke objek yang tidak dapat digerakkan seperti tiang atau pagar.

Baca juga: Enam Motor Curian dari Batam Dibawa Gunakan Kapal Roro, Berikut Data Sepeda Motornya

8. Catat Nomor Seri Kendaraan: Simpan nomor rangka dan mesin motor Anda. Ini akan membantu polisi dalam melacak motor Anda jika terjadi pencurian.

9. Tidak Menyimpan Kunci Cadangan di Dekat Motor: Hindari menyimpan kunci cadangan di area parkir karena ini dapat mempermudah tindakan pencurian.

10. Sosialisasi Lingkungan Aman: Kerjasama dengan tetangga untuk saling mengawasi adalah cara yang efektif. Lingkungan yang kompak akan membuat pencuri berpikir dua kali.

Dengan mengamankan sepeda motor Anda dengan langkah-langkah tersebut, risiko menjadi korban pencurian motor dapat diminimalisir. Kejadian di Pelabuhan ASDP Tanjung Uban menjadi peringatan bagi kita semua untuk selalu waspada dan melindungi harta benda dari aksi kejahatan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews