Ditinggal Liburan Malam Tahun Baru, Rumah Warga Hanyut di Hantam Gelombang

Ditinggal Liburan Malam Tahun Baru, Rumah Warga Hanyut di Hantam Gelombang

Kepala BPBD Bintan Ramlah saat turun memberikan bantuan kepada warga yang terdampak musibah rumah roboh. (Foto: BPBD Bintan)

Bintan, Batamnews - Satu rumah warga di Desa Mantang Baru, Kecamatan Mantang, Bintan, mengalami ambruk akibat gelombang tinggi yang disertai hujan deras dan angin kencang. 

Peristiwa tragis ini terjadi pada Senin, 1 Desember 2024, sekitar pukul 01.00 WIB, saat pemilik rumah, Hatman, bersama keluarganya sedang menikmati liburan tahun baru di luar daerah.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan, Ramlah, untungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena rumah kosong saat kejadian tersebut.

Baca juga: Polres Bintan bersama Tim Gabungan Gelar Patroli Skala Besar jelang Malam Pergantian Tahun

"Korban yang terdampak hanya satu keluarga. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini karena rumah kosong ditinggal liburan tahun baru keluar daerah," ujar Ramlah.

Kejadian tersebut dipicu oleh curah hujan tinggi, angin kencang, dan gelombang tinggi yang merusak satu rumah warga secara serius.

"Kerusakannya cukup parah," tambahnya.

Akibat bencana ini, hanya bagian atap rumah yang berhasil mengapung di laut, sementara dinding rumah yang terbuat dari kayu tenggelam. BPBD Bintan saat ini masih melakukan penilaian kerusakan, kerugian, dan pemenuhan kebutuhan dasar bagi keluarga terdampak.

Baca juga: Jembatan Sungai Lepan Sudah Dapat Digunakan, yang Dibangund dari APBDes

"Kerugian sementara masih terbatas pada rumah yang ambruk dan peralatan rumah tangga di dalamnya. Kami juga sedang berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan desa untuk langkah-langkah selanjutnya," jelas Ramlah.

BPBD Bintan mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang berada di daerah pesisir, untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat cuaca ekstrem diperkirakan akan berlanjut hingga Februari mendatang. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews