Menparekraf Sandiaga Uno Didampingi Gubernur Ansar Tinjau Lokasi Pembangunan SKI di Tanjungpinang

Menparekraf Sandiaga Uno Didampingi Gubernur Ansar Tinjau Lokasi Pembangunan SKI di Tanjungpinang

Lokasi pembangunan Sentra Kreatif Indonesia (SKI) Kemenparekraf di Kawasan Gurindam XII Kota Tanjungpinang

Tanjungpinang, Batamnews - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, secara langsung meninjau lokasi pembangunan Sentra Kreatif Indonesia (SKI) Kemenparekraf di Kawasan Gurindam XII Kota Tanjungpinang, Minggu (31/12).

Dikatakan Menparekraf Sandiaga Uno, pembangunan SKI ini merupakan Unit Pelaksana Tugas (UPT) Bidang Ekonomi Kreatif Kemenparekraf yang akan menjadi salah satu ikon ekonomi pariwisata Indonesia yang ada di Provinsi Kepri.

"Dibangunnya SKI di Kepri ini merupakan apresiasi kami kepada Gubernur Kepri yang telah berkontribusi dan sangat peduli akan dunia pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga yang juga didampingi Pj. Walikota Tanjungpinang Hasan, dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Guntur Sakti.

Selain itu, lanjut Sandiaga Uno, peningkatan sektor ekonomi kreatif saat ini yang meningkat pesat juga diharapkan menjadi potensi untuk kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia termasuk di Provinsi Kepri.

Tak hanya itu, Sandiaga Uno juga mengatakan pembangunan Sentra Ekonomi Kreatif Kemenparekraf di Kepri ini sangat pas dan strategis, tak hanya lokasinya yang berada di kawasan Gurindam XII saja, namun langsung berhadapan dengan Pulau Penyengat.

"Untuk itu, kami yakin ini menjadi potensi yang besar, apalagi mengingat sektor ekonomi Kreatif yang mulai pesat. Baik itu sektor kulinernya, fashion, juga kriya dan budaya seperti keberadaan pulau penyengat ," kata Sandiaga.

Disampaikan Sandiaga Uno, nantinya untuk pembangunan fisik bangunan SKI Kemenparekraf ini membutuhkan anggaran sebesar Rp50 miliar. 

"Namun yang terpenting itu akan berisi 17 sub sektor ekonomi kreatif yang akan menjadi bagian dari SKI Kemenparekraf ini seperti sektor musik, film, animasi, arsitektur, kriya, kuliner, dan lainnya dan akan kita kolaborasikan dengan dunia industri nantinya," tegas Sandiaga.

Pembangunan SKI Kemenparekraf ini nantinya akan selesai pada tahun 2025 atau dua tahun masa anggaran dengan waktu pembangunan dua tahun anggaran.

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kemenparekraf yang telah memberikan perhatian ke Provinsi Kepri dengan bakal dibangunnya SKI Kemenparekraf.

"Terimakasih kepada pak menteri dan pemerintah pusat atas perhatiannya yang luar biasa ke Provinsi Kepri," kata Ansar.

Ansar mengatakan bahwa pihaknya akan mendukung penuh kelancaran pembangunan SKI Kemenparekraf ini dengan terus melengkapi kawasan Gurindam XII ini.

"Apalagi SKI Kemenparekraf ini dibangun dikawasan strategis Gurindam XII, sehingga nantinya juga akan berdampak pada peningkatan ekonomi kreatif di Kepri" ujar Ansar. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews