Tiba di Tanjungpinang Menteri Sandiaga Uno dan Gubernur Kepri Tinjau Pembangunan SKI

Tiba di Tanjungpinang Menteri Sandiaga Uno dan Gubernur Kepri Tinjau Pembangunan SKI

Menteri Parekraf Sandiaga Salahudin Uno saat bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad di Tanjungpinang.

Tanjungpinang, Batamnews - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno beserta Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, melakukan peninjauan lahan pembangunan Sentra Kreatif Indonesia (SKI) di Kawasan Gurindam 12, Kota Tanjungpinang, pada Minggu, 31 Desember 2023.

Menurut Menteri Sandi, pembangunan SKI di Kota Tanjungpinang merupakan bukti nyata inovasi dan kolaborasi antara Kemenparekraf dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk mendirikan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang akan mendukung pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Investasi pembangunan SKI ini mencapai sekitar Rp 50 miliar, namun yang lebih penting adalah kontennya karena terdapat 17 sub sektor ekonomi kreatif yang akan kita kolaborasikan dengan dunia usaha dan industri," ujar Menteri Sandi.

Baca juga: Agenda Sandiaga Uno Kunjungi Kepualuan Riau selama Tiga Hari 

Ke-17 sub sektor ekonomi kreatif yang akan dikembangkan di SKI meliputi musik, film, animasi, aplikasi, games, televisi, radio, kuliner, kriya, fashion, dan desain. Menteri Sandi menegaskan bahwa semua aspek tersebut akan tercakup dalam SKI.

Pemilihan Kota Tanjungpinang sebagai lokasi pilot project SKI didasarkan pada potensi yang dimiliki Kota tersebut untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Menteri Sandi juga mengapresiasi proaktifnya Gubernur Kepri dalam mengembangkan ekonomi kreatif.

Lebih lanjut, Menteri Sandi berharap agar Pemprov Kepri segera menyelesaikan masalah serah terima lahan untuk pembangunan SKI. 

"Saya harapkan tidak tertunda pelepasan lahannya, sehingga kita dapat segera angkat anggarannya dan mulai menanamkan modal pada tahun 2024. Tahun 2025, kita harapkan SKI sudah dapat beroperasi," tambahnya.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, menyatakan dukungan penuh Pemprov Kepri terhadap pembangunan SKI di Kota Tanjungpinang. Beliau menjamin bahwa Pemprov Kepri akan segera menangani proses pelepasan lahan untuk pembangunan SKI tersebut.

Baca juga: Politisi Berpengaruh di Media Sosial 2023: Jokowi Puncaki, Prabowo Geser Anies 

"Terima kasih kepada Pak Menteri dan jajaran yang telah memberikan perhatian luar biasa kepada Kepri," ujar Gubernur Ansar Ahmad. Menurutnya, kehadiran SKI akan menambah kekayaan objek wisata di Provinsi Kepri, khususnya di Kota Tanjungpinang.

SKI UPT di Kawasan Gurindam 12 diharapkan dapat membuka peluang kerjasama dengan luar negeri, yang berpotensi mengoptimalkan pengembangan dan pemasaran produk ekonomi kreatif. UPT ini akan berada di bawah Kemenparekraf/Baparekraf, memiliki kemandirian, dan bertanggung jawab mengelola sumber daya sendiri.

SKI ini nantinya akan mendukung aktivitas pelaku kreatif pemula dengan memberikan pengembangan, fasilitasi, kerjasama, dan dukungan pemasaran, sehingga para pelaku kreatif dapat berkembang, berorganisasi, dan membangun jejaring untuk menciptakan kolaborasi yang berkelanjutan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews