Tahun Baru 2024 SAR Tanjungpinang Siagakan 98 Personel di 12 Titik Keramaian

Tahun Baru 2024 SAR Tanjungpinang Siagakan 98 Personel di 12 Titik Keramaian

SAR Tanjungpinang

Tanjungpinang, Batamnews - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Tanjungpinang intensifkan kesiagaan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru dengan mendirikan posko utama di 12 titik keramaian. 

Kepala Kantor SAR Tanjungpinang, Slamet Riyadi, menyampaikan bahwa upaya ini dilakukan untuk memastikan keselamatan dan kelancaran arus lalu lintas selama periode liburan.

"Total ada 98 personel yang disiagakan di posko utama yang tersebar di 12 titik tersebut," ujar Slamet pada konferensi pers di kantor SAR Tanjungpinang, Selasa.

Posko utama tersebut tersebar di berbagai lokasi strategis, termasuk Kantor SAR Tanjungpinang, Posko SAR Batam, Posko SAR Tanjung Balai Karimun, dan Posko SAR Lingga. 

Baca juga: Ada 5000 Pengangguran di Tanjungpinang selama 2023, Puluhan Orang Sudah Diberikan Pelatihan

Selain itu, Posko Mobile Trikora-Bintan, Posko Mobile Pelawan, Posko Terpadu Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP), Posko Terpadu Pelabuhan Roro Tanjung Uban, Posko Terpadu Pelabuhan Sei Kolak Kijang, Posko Terpadu Pelabuhan Sekupang, Posko Terpadu Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, dan Posko Terpadu Lingga juga menjadi titik fokus pengamanan.

"Demi menjaga kelancaran Natal dan tahun baru, kami juga melaksanakan koordinasi dengan beberapa unsur-unsur potensi, seperti TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Pemerintah Daerah, BPBD, serta BMKG," tambahnya.

Slamet menjelaskan bahwa siaga Natal dan tahun baru bertujuan untuk mempercepat respon time dan memberikan rasa aman kepada masyarakat yang melakukan perjalanan mudik melalui jalur darat, laut, dan udara. 

Selain itu, pihaknya juga memastikan keamanan bagi warga yang merayakan liburan Natal hingga tahun baru di tempat-tempat keramaian, seperti di pantai Trikora, Kabupaten Bintan.

Baca juga: Kapolres dan Bupati Bintan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Seligi 2023

Kesiagaan ini akan berlangsung selama 22 hari, mulai tanggal 18 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024. Puncak arus mudik pertama diperkirakan terjadi pada tanggal 22-23 Desember 2023, sementara puncak arus mudik kedua pada tanggal 26-27 Desember 2023. Untuk arus balik, diprediksi akan terjadi pada tanggal 29-30 Desember 2023.

Dalam upaya menjaga keselamatan, Kantor SAR Tanjungpinang turut menyiagakan berbagai alat utama, termasuk Rescue Truck, Rescue Car, KN SAR Purworejo (kapal), RB-209 Tanjungpinang (kapal), Rigid Inflatable Boat (RIB), Set Perahu Karet, dan Mopel.

Namun, Slamet juga mengingatkan seluruh personel untuk menjaga dan mengutamakan kesehatan pribadi, terutama mengingat peningkatan kasus COVID-19 dan Pneumonia. 

"Bagi kawan-kawan yang akan melaksanakan siaga, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan. Cuaca yang tidak menentu, ditambah dengan maraknya virus dan penyakit, mengharuskan kita untuk selalu menjaga kesehatan," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews