Jelang Nataru, SPBU Dicek Takaran dan Ukurannya di Pekanbaru 

Jelang Nataru, SPBU Dicek Takaran dan Ukurannya di Pekanbaru 

Petugas mengecek takaran BBM di SPBU Pekanbaru.

Pekanbaru, Batamnews - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru intensif melakukan pemeriksaan takaran dan ukuran Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di pintu keluar dan masuk kota. 

Langkah ini diambil sebagai bagian dari persiapan menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) agar kualitas dan jumlah takaran BBM tetap sesuai standar.

"Menyongsong Nataru, kami melakukan pengawasan di SPBU yang berdekatan dengan pintu keluar dan masuk Pekanbaru. Pada pekan lalu, kami telah melakukan pemeriksaan di SPBU di Jalan Soebrantas, tepatnya di seberang Pasar Simpang Baru Panam," ungkap Kepala Bidang Tertib Perdagangan dan Perindustrian Disperindag Pekanbaru, Riznaldi Ananta Pratama, pada Rabu, 13 Desember 2023.

Baca juga: Polda Riau Tingkatkan Pengamanan Gudang Logistik Pemilu 2024 dengan CCTV dan Pengawasan 24 Jam

Dalam rangka memastikan kualitas dan takaran BBM di SPBU, Disperindag dilengkapi dengan alat pengukuran yang akurat. "Hasil pemeriksaan di SPBU Panam menunjukkan tidak ada perbedaan jumlah takaran, yang berarti sesuai dengan standar yang ditetapkan," tambah Riznaldi.

Pemeriksaan takaran di SPBU ini dijadwalkan akan dilaksanakan setiap Kamis hingga berakhirnya libur Nataru. Langkah berikutnya, Disperindag akan mengawasi takaran di SPBU yang berlokasi di wilayah Kecamatan Kulim pada hari berikutnya.

Riznaldi menegaskan bahwa pihaknya hanya memeriksa takaran di SPBU dan bukan melakukan tera ulang mesin SPBU secara keseluruhan. Tera ulang, menurutnya, hanya diperbolehkan dilakukan sekali dalam setahun. 

Baca juga: Sungai Kampar Meluap, Dusun Muaro di Pelalawan Riau Terendam Banjir

Namun, jika dalam pemeriksaan ditemukan takaran melebihi ambang batas, tera ulang dapat dilakukan segera.

"Pemeriksaan takaran ini bertujuan untuk memastikan stok BBM yang ada di SPBU mencukupi selama libur Nataru. Kami berkomitmen untuk memberikan kepastian kepada masyarakat terkait kualitas dan kuantitas BBM yang mereka beli," jelas Riznaldi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews