Sungai Kampar Meluap, Dusun Muaro di Pelalawan Riau Terendam Banjir

Sungai Kampar Meluap, Dusun Muaro di Pelalawan Riau Terendam Banjir

Dusun Muaro di Pelalawan Riau terendam banjir. (Foto: istimewa)

Pekanbaru, Batamnews - Kenaikan permukaan air Sungai Kampar dan curah hujan tinggi belakangan ini telah menyebabkan banjir di Dusun Muaro, Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau. 

Situasi ini diperparah dengan pembukaan tiga pintu waduk PLTA Koto Panjang oleh pengelola sejak 24 November 2023.

Banjir yang terjadi di Dusun Muaro telah menyebabkan beberapa rumah warga terendam, dengan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Warga setempat mulai mengungsi karena kondisi ini, dan akses Jalan Lintas Lubuk Ogung-Langgam tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat.

Baca juga: Revitalisasi Tahap I Rampung, Pemko Pekanbaru Rencanakan Pembangunan Tahap II Pasar Palapa

Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH SIK mengungkapkan, banjir di kawasan Dusun Muaro disebabkan oleh naiknya permukaan air Sungai Kampar. 

"Kami dari Polres Pelalawan telah turun ke lokasi dan berinteraksi dengan warga, serta membagikan sembako," kata Kapolres pada Rabu, 13 Desember 2023.

Kondisi di lokasi menunjukkan ketinggian air yang signifikan, mengganggu aksesibilitas jalan menuju Dusun Muaro Sako, Kelurahan Langgam. AKBP Suwinto mengimbau warga Dusun Muaro Sako untuk tetap waspada terhadap kemungkinan kenaikan debit air lebih lanjut.

Baca juga: Pekanbaru Terima DIPA Rp1,63 Triliun dari Pemerintah Pusat untuk Pembangunan Prioritas


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews