Jelang Natal 2023, Harga Kebutuhan Pokok di Tanjungpinang Masih Stabil

Jelang Natal 2023, Harga Kebutuhan Pokok di Tanjungpinang Masih Stabil

Bawang di Pasar Bintan Centre.

Tanjungpinang, Batamnews - Menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, pasar Bintan Center (Bincen) Tanjungpinang menyaksikan perubahan harga cabai yang mulai berangsur membaik. 

Rudi Ardi, seorang pedagang di Bincen, mengungkapkan bahwa harga cabai merah saat ini mengalami penurunan menjadi Rp80 ribu per kilogram (Kg), dibandingkan dengan harga sebelumnya yang mencapai Rp90 ribu per kg.

"Harga cabai mulai turun sedikit semenjak minggu sebelumnya," ungkapnya kepada Senin, 11 Desember 2023.

Baca juga: Bukan Mixue Ini Ice Cream Favorit di Tanjungpinang, Cek Lokasinya!

Sementara itu, cabai hijau saat ini dihargai Rp44 ribu per kg, sedangkan cabai rawit mencapai Rp60 ribu per kg. Namun, harga cabai setan masih tinggi, mencapai Rp104 ribu per kg.

Ardi menyampaikan, "Harga cabai memang masih tinggi, apalagi ini sudah mau akhir tahun."

Meskipun begitu, ia menambahkan bahwa sejumlah harga komoditas bahan pangan di pasaran masih relatif stabil dan tersedia. Bawang merah Jawa dihargai Rp36 ribu per kg, bawang merah India Rp24 ribu per kg, dan bawang putih Rp34 ribu per kg.

"Menjelang akhir tahun, sejumlah komoditas bahan pangan masih normal, hanya saja ada kenaikan pada tomat. Harga tomat saat ini mencapai Rp24 ribu per kg dari harga awalnya Rp15 ribu per kg," jelasnya.

Baca juga: Dinas Perdagangan Karimun Gencarkan Pemantauan Sembako Jelang Natal dan Tahun Baru 2024

Sementara itu pedagang lainnya Lauren menjelaskan bahwa kenaikan harga tomat terjadi dalam beberapa minggu terakhir karena ketersediaannya yang terbatas.

"Karna barang sedikit, jadi memang harganya naik," pungkasnya.

Dengan demikian, meskipun harga cabai mulai membaik, kenaikan harga pada beberapa komoditas tertentu, seperti tomat, menjadi perhatian menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. 

Para pembeli diharapkan tetap memantau perubahan harga dan persediaan di pasar untuk merencanakan belanja mereka dengan lebih bijak.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews