E-Ticketing di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Mulai di Gunakan Hari Senin Nanti

E-Ticketing di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Mulai di Gunakan Hari Senin Nanti

Kapal bersandar di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang

Tanjungpinang, Batamnews - Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) di Kota Tanjungpinang bersiap untuk mengimplementasikan layanan E-Ticketing sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan dalam pelayanan transportasi laut. 

Uji coba pembelian tiket secara non tunai ini dijadwalkan akan dimulai pada Senin pekan depan.

Vice President PT. Mitra Kasih Perkasa (MKP), Febrian Wicaksono, menyatakan bahwa kolaborasi antara MKP, Pelindo, KSOP, Pemko Tanjungpinang, dan Pemprov Kepri merupakan langkah sinergis untuk menerapkan sistem E-Ticketing ini. 

Febrian mengungkapkan bahwa E-Ticketing sangat diperlukan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam bidang transportasi laut.

"Ada beberapa hal yang harus kita konsentrasikan, yaitu kenyamanan, keamanan, kemudahan, dan transparansi kepada masyarakat," ujar Febrian dalam sebuah Talk Show dan sosialisasi penerapan E-Ticketing di Tanjungpinang pada Jumat, 7 Desember 2023, kemarin.

Baca juga: Cawapres Mahfud Md Sebut KPK Sering Buat Salah, Asal OTT Tak Punya Bukti Cukup

Febrian menjelaskan bahwa penerapan E-Ticketing perlu dilakukan segera sebagai bagian dari upaya untuk mendigitalkan Tanjungpinang, khususnya di Pelabuhan SBP. 

MKP telah bekerja sama dengan Pelabuhan Punggur dan Sekupang, di mana penerapan E-Ticketing di kedua pelabuhan tersebut sedang berlangsung.

"Untuk aplikasinya akan kita launching segera, untuk platform MKP dan salah satunya adalah Livin Mandiri. Dimana nasabah sudah dimudahkan dengan aplikasi ini," kata Febrian.

Febrian juga menyebutkan bahwa MKP akan mendistribusikan layanan E-Ticketing melalui aplikasi Traveloka, Shopee, Tiketkapal.com, Tokopedia, dan platform lainnya yang sudah dikenal oleh masyarakat. Ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan tersebut.

Selama masa uji coba, pengguna layanan E-Ticketing tidak akan dikenakan biaya jasa IT. "Setelah dirasa bermanfaat bagi masyarakat, kita akan ada kenaikan biaya. Tapi balik lagi kepada kemudahan untuk masyarakat," tambah Febrian.

Baca juga: Mengejutkan! Pegawai Lapas Tanjungpinang Mengaku Dapat Sabu Gratis dari Napi di Penjara

General Manager Regional 1 Cabang Tanjungpinang, Darwis, menyatakan dukungannya terhadap digitalisasi E-Ticketing di Pelabuhan SBP. Pelindo juga akan terus mendukung program berbasis non tunai dan single data tersebut.

"Kami ucapkan terima kasih kepada MKP, ini aplikator yang bagus. Karena sebelumnya mereka sudah gencar melakukan sosialisasi. Ini harus dicontoh," kata Darwis.

Pihak Pelabuhan SBP Tanjungpinang berencana fokus terlebih dahulu pada penerapan E-Ticketing di tingkat domestik. Namun, tidak menutup kemungkinan terminal internasional Pelabuhan SBP juga akan menerapkan E-Ticketing di masa yang akan datang.

Asisten III Setdako Tanjungpinang, Augus Raja Unggul, menyatakan bahwa Pemko berharap E-Ticketing di Pelabuhan SBP segera dapat berjalan untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan transportasi laut. Program ini dianggap sebagai salah satu upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan yang lebih efisien kepada masyarakat.

"Pak Pj (penjabat walikota) minta ini segera direalisasikan, agar dinikmati masyarakat. Jadi masyarakat mudah dalam melakukan pelayanan," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews