Evakuasi Tanker MT. Liberty Kandas di Perairan Karimun Tunggu Pemindahan Muatan

Evakuasi Tanker MT. Liberty Kandas di Perairan Karimun Tunggu Pemindahan Muatan

Tanker MT. Liberty yang kandas di perairan Karimun belum bisa di evakuasi. (Foto: istimewa)

Karimun, Batamnews - Tanker MT. Liberty, berbendera Cameroon dan kandas di perairan Pulau Asan (Asam), Kabupaten Karimun, di posisi N 1°9'16.9236" E 103°18'38.5884", masih menunggu proses evakuasi. 

Kapal dengan ukuran besar dan membawa 130.000 MT Fuel Oil ini kandas sejak Sabtu, 2 Desember 2023, dan kini menunggu proses pemindahan muatan atau ship to ship.

Humas KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, Cahyono, pada Kamis, 7 Desember 2023, mengonfirmasi bahwa proses evakuasi masih menunggu persetujuan dari owner. 

“Evakuasi pengawasan sudah berhasil kita lakukan. Untuk muatan kapal, nanti akan menunggu pihak owner proses pemindahan atau ship to ship ke kapal lainnya,” kata Cahyo.

Baca juga: Tanker MT. Liberty Muatan Minyak Mentah Kandas di Perairan Pulau Asam Karimun, KSOP Siaga

Proses evakuasi ini diharapkan dapat memungkinkan kapal untuk ditarik dari lokasi kandasnya. Untuk memastikan kondisi bawah laut dan keamanan kapal, tim penyelam juga dilibatkan. 

Selain itu, sebagai langkah pencegahan terhadap kemungkinan pencemaran, pihak KSOP telah mempersiapkan oil boom.

“Kita memastikan agar tidak adanya persoalan lainnya, seperti terganggunya jalur pelayaran, ada oil boom mencegah jika terjadinya pencemaran,” ucap Cahyo.

Diketahui, kapal tersebut terakhir bertolak dari Tanjung Pelepas Malaysia dengan tujuan Tanjung Balai Karimun, pada 28 November 2023.

Baca juga: Gubernur Kepri Ansar Ahmad Boyong Bupati Bintan dan Karimun Kunker ke Jepang

Kapal tersebut mengalami kandas saat dipandu oleh pihak Pelindo yang melintas diperairan yang dangkal dan berkarang di perairan Pulau Asan (Asam) dengan kedalaman 11 meter.

GM PT Pelindo Tanjungbalai Karimun, Yusrizal saat dikonfirmasi membenarkan kandasnya MT. Liberty ketika proses pemanduan kapal. Kandasnya kapal tersebut belum lama saat petugas melakukan pandu kapal untuk menuju dermaga.

"Kapal itu dipandu. Baru beberapa saat dipandu, kapal itu kandas. Iya dari Pelindo," kata Yusrizal pada wartawan.

Yusrizal menambahkan, saat ini evakuasi kapal masih berlangsung di bawah koordinasi KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun. KSOP juga memastikan bahwa untuk kondisi kapal kandas tersebut masih kondisi aman. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews