Kepri Jadi Tuan Rumah Porwil Sumatera 2027, Kadispora Ikhsan Terima Estafet dari Riau

Kepri Jadi Tuan Rumah Porwil Sumatera 2027, Kadispora Ikhsan Terima Estafet dari Riau

Kadispora Kepri, Drs. Mohamad Ikhsan, Msi yang mewakili Gubernur Kepri Ansar Ahmad, menerima bendera KONI secara simbolis sebagai tanda Kepri akan menyelenggarakan Porwil berikutnya. (Foto: istimewa)

Pekanbaru, Batamnews - Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI tahun 2023 yang diadakan di Provinsi Riau telah resmi ditutup, dengan Kepulauan Riau (Kepri) ditetapkan sebagai tuan rumah Porwil XII pada tahun 2027.

Penutupan dan serah terima bendera KONI dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Riau dengan dihadiri oleh Plt Gubernur Riau Edi Natar Nasution dan berbagai pejabat terkait, Selasa, 14 November 2023.

Kadispora Kepri, Drs. Mohamad Ikhsan, Msi yang mewakili Gubernur Kepri Ansar Ahmad, menerima bendera KONI secara simbolis sebagai tanda Kepri akan menyelenggarakan Porwil berikutnya. Acara juga diisi penyerahan Piala Bergilir kepada Provinsi Riau untuk menjadi piala tetap lantaran sudah berhasil meraih piala bergilir selama tiga kali.

Ketua PB Porwil Sumatera XI, Joni Irwan, menyampaikan bahwa Porwil ini diikuti oleh delapan provinsi dengan sepuluh cabang olahraga yang dipertandingkan. Riau, sebagai tuan rumah, dinobatkan sebagai Juara Umum dengan raihan 41 medali emas.

Baca juga: Tim Voli Putri Kepri Tantang Sumsel di Final Porwil Sumatera XI untuk Tiket PON

Adapun 10 cabor yakni Sepak Bola, Sepak Takraw, Bola Tangan, Voli Indoor, Wushu, Barongsai, Renang, Atletik, dan E-Sport. Sebanyak 9 cabor dipertandingkan di Kota Pekanbaru sementara satu lagi Atletik dipertandingkan di Kabupaten Kampar.

"Sebagai penutup pertandingan, Porwil Sumatera XI diakhiri dengan final cabor sepakbola yang mempertemukan Riau Vs Sumatera Barat di Stadion Kaharuddin Nasution, Selasa sore. Pertandingan dimenangkan oleh Sumatera Barat dengan skor 6-5 lewat adu penalti," ujar Joni, dalam sambutannya pada penutupan Porwil Sumatera XI.

Riau menyabet Juara Umum Porwil Sumatera XI dengan 41 medali emas, 21 perak dan 34 perunggu. Sementara di posisi kedua ditempati oleh Bangka Belitung 31 emas, 21 perak dan 28 perunggu. Kemudian di posisi ketiga diduduki oleh Sumatera Barat dengan perolehan 22 medali emas, 36 perak dan perunggu.

Sementara itu, Wakil Ketua I KONI Pusat Suwarno mengatakan, bahwa Porwil Sumatera XI ini sebagai ajang silaturahmi antar masyarakat se-Sumatera.

Baca juga: Artis Top Bakal Meriahkan Penutupan Porwil Sumatera XI di Pekanbaru

"Sebenarnya porwil ini adalah alat pemersatu masyarakat se-Sumatera," ujar Suwarno.

Semestinya kata Suwarno, Aceh yang menjadi tuan rumah Porwil Sumatera XI. Akan tetapi, Aceh terpilih sebagai tuan rumah PON 2024 bersama dengan Sumatera Utara.

"Karena itu, Aceh mundur sebagai tuan rumah Porwil Sumatera. Dan kami memohon kepada pemprov Riau untuk jadi tuan rumah. Kami memilih Riau sebagai tuan rumah alasannya Riau punya potensi venue eks PON, kemudian Riau berturut-turut jadi juara umum," ungkapnya.

Dirinya juga sangat berterimakasih kepada Gubernur Riau sebelumnya maupun yang sekarang. Atas dukungan Gubernur Riau, Porwil Sumatera XI bisa terlaksana.

Sementara itu, Plt Gubernur Riau Edi Natar Nasution, mengatakan bahwa Porwil ini merupakan ajang seleksi atlet untuk bisa bertanding pada PON Aceh-Sumut 2024 mendatang.

Baca juga: Drama Lima Set, Tim Voli Riau Tundukkan Kepri di Porwil Sumatera XI

Dirinya juga berterimakasih kepada panitia yang telah bekerja keras dalam penyelenggaraan Porwil Sumatera XI tahun ini. Menurutnya, berkat kerja keras dari panitia, penyelenggaraan Porwil berjalan dengan sukses.

"Terimakasih atas kerja keras panitia sehingga penyelenggaraan porwil Sumatera berjalan baik dan lancar. Selaku tuan rumah kami mohon maaf jika dalam pelaksanaan porwil terdapat suatu kekurangan," sebutnya.

Ketua KONI Kepri Usep RS mengaku bangga usai Provinsi Kepri ditetapkan sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraan Porwil XII tahun 2027. "Kami berbangga dan menyatakan siap menjadi tuan rumah Porwil mendatang," kata Usep RS.

Berikut perolehan medali pada Porwil Sumatera XI 2023 di Provinsi Riau.

1. Riau -- 41 Emas, 21 Perak dan 34 Perunggu
2. Babel -- 31 Emas, 21 Perak dan 28 Perunggu
3. Sumbar -- 22 Emas, 36 Perak dan 25 Perunggu
4. Sumsel -- 14 Emas, 28 Perak dan 16 Perunggu
5. Jambi -- 13 Emas, 8 Perak dan 17 Perunggu
6. Lampung -- 10 Emas, 10 Perak dan 15 Perunggu
7. Kepri -- 9 Emas, 11 Perak dan 17 Perunggu
8. Bengkulu - 3 Emas, 8 Perak dan 4 Perunggu.

Baca juga: Atlet Kepri Siap Berlaga di Porwil Sumatera XI, Targetkan Tambah Tiket PON

"Provinsi Kepri selama mengikuti PORWIL Sumatra selalu diurutkan buncit dan paling banyak 3 emas, di PORWIL Sumatra  XI Riau dengan perolehan 9 medali emas, ini pencapaian yang luar biasa," ujar Kadispora Kepri, Ikhsan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews