Harga Kelapa Butiran hingga Pinang Kering di Riau Naik

Harga Kelapa Butiran hingga Pinang Kering di Riau Naik

Pinang kering. (Foto: ist/net)

Pekanbaru, Batamnews - Dinas Perkebunan (Disbun) Riau mengumumkan perkembangan harga komoditas perkebunan di wilayah Provinsi Riau pada Kamis, 26 Oktober 2023 kemarin.

Menurut data yang diterima oleh Batamnews, harga kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar, Kepulauan Meranti, dan Kabupaten Inhil mengalami kenaikan signifikan sebesar Rp125 per kilogram, mencapai Rp2.800 per kilogram untuk periode pekan ini.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Disbun Riau, Defris Hatmaja, mengatakan bahwa harga kopra mutu kering 100 persen di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti tetap stabil di angka Rp5.100 per kilogram, sama dengan harga pekan lalu.

Baca juga: Pemko Pekanbaru Tanggung 9 Persen Pinjaman UMKM, Kembangkan Ekonomi Lokal

Tepung sagu basah di dua kabupaten yang sama juga mempertahankan harga pada level Rp2.350 per kilogram.

"Terjadi peningkatan harga pada pinang kering 100 persen di beberapa kabupaten, yaitu di Kabupaten Kampar, Siak, Kuantan Singingi, Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti, dan Kabupaten Bengkalis," ujarnya.

Sementara harga pinang kering juga mengalami kenaikan sebesar Rp40 dari harga pekan sebelumnya, mencapai Rp5.890 per kilogram.

Menurut Defris, kenaikan harga komoditas ini dipengaruhi oleh perubahan dalam rantai pasokan, kondisi cuaca, dan permintaan pasar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews