Pemko Pekanbaru Tanggung 9 Persen Pinjaman UMKM, Kembangkan Ekonomi Lokal

Pemko Pekanbaru Tanggung 9 Persen Pinjaman UMKM, Kembangkan Ekonomi Lokal

Ilustrasi.

Pekanbaru, Batamnews - Sebanyak 126 pelaku Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM) merasakan manfaat bantuan subsidi bunga pinjaman sebesar 9 persen. Bantuan ini diharapkan dapat membantu UMKM di Kota Pekanbaru untuk meningkatkan modal usaha mereka dan mengembangkan usaha dengan lebih baik.

Pengusaha kecil dan menengah di Kota Pekanbaru kini memiliki kesempatan untuk meminjam hingga Rp15 juta dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR), dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menanggung 9 persen dari jumlah pinjaman tersebut.

"Ini adalah program prioritas Pemerintah Kota Pekanbaru, di mana pengusaha kecil dan menengah dapat meminjam hingga Rp15 juta dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR), dengan 9 persen dari pinjaman tersebut ditanggung oleh Pemko Pekanbaru," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru, Sarbaini.

Baca juga: Satpol PP Pekanbaru Bakal Tindak Caleg Pasang Spanduk Kampanye di Pohon

Ia juga mencatat bahwa sekitar 400 pelaku UMKM telah mendaftar untuk program ini, namun hanya 126 di antaranya yang dapat memanfaatkan bantuan ini karena beberapa di antaranya mengalami kendala dalam proses BI Checking.

Dalam upaya memecahkan masalah ini, Sarbaini menyatakan bahwa aturan akan disederhanakan agar lebih mudah dipahami oleh para pelaku UMKM.

"Aturan yang lebih sederhana akan dibuat di BPR tahun depan, karena program subsidi bunga ini akan diteruskan tahun depan untuk membantu memulihkan ekonomi negara," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews