Antusiasme Masyarakat Pulau Rempang Batam Sambut Musim Panen Rengkam hingga Tahun Depan

Antusiasme Masyarakat Pulau Rempang Batam Sambut Musim Panen Rengkam hingga Tahun Depan

Tampak seorang warga tengah menjemur rengkam di tengah terik matahari. (Foto: Asrul/Batamnews)

Batam, Batamnews - Musim panen rengkam telah tiba, dan masyarakat Pulau Rempang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), dengan penuh semangat menanti keberlimpahan yang diperkirakan akan berlangsung hingga bulan Februari tahun depan.

Rengkam, sebagai sumber mata pencarian yang berharga bagi warga setempat, dapat diambil saat air pasang maupun saat air surut. Meskipun memerlukan usaha ekstra, hasilnya diyakini akan melimpah.

Amir, seorang pencari rengkam yang tinggal di pulau ini, menyuarakan kegembiraannya menghadapi musim panen ini.

Baca juga: Memasuki Musim Panen Rengkam di Pulau Rempang, Batam

"Bulan ini sudah mulai banyak rengkam yang bisa kami temukan, dan kami optimis akan semakin melimpah," ujarnya dengan semangat.

Amir juga menekankan bahwa daun rengkam tetap utuh hingga akhir musim, memberikan keyakinan akan keberlimpahan panen yang sangat diharapkan.

Hal serupa diungkapkan oleh Ridwan, yang mengatakan bahwa selama musim panen, rakit yang dia bawa bisa penuh hingga tak bisa lagi ditambahkan.

Baca juga: Mengenal Rengkam, Biota Laut Bernilai Ekonomis bagi Masyarakat Pulau Rempang

"Terkadang, kami bahkan tidak dapat membawa semua hasilnya karena begitu banyak," ungkapnya dengan senang hati.

Kehidupan sehari-hari masyarakat Pulau Rempang, yang sangat bergantung pada kekayaan laut alami, semakin terjamin dengan penghasilan yang mereka peroleh dari rengkam.

Penghasilan ini telah mampu menutupi kebutuhan harian mereka dan memberikan stabilitas ekonomi yang sangat dibutuhkan untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews