Cegah Bullying, Polisi Sambangi Sejumlah Sekolah di Karimun

Cegah Bullying, Polisi Sambangi Sejumlah Sekolah di Karimun

Polres Karimun memberikan pemahaman tentang bullying di sekolah-sekolah. (Foto: dok.Polres Karimun)

Karimun, Batamnews - Kasus-kasus kekerasan yang melibatkan pelajar seringkali menjadi viral di media sosial. Video-video terkait kasus tersebut telah menjadi trending di beberapa akun media sosial, sehingga Polres Karimun mengambil langkah untuk mengadakan kegiatan sosialisasi di sekolah, pada Jumat (6/10/2023).

Kegiatan yang diberi nama "Police Goes To School" ini melibatkan beberapa sekolah, termasuk SMK Vidya Sasana, SMPN 2 Kundur, dan SMKN 2 Karimun. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh guru dan siswa-siswi sekolah tersebut.

Baca juga: 647 Ton Beras Bulog Tiba di Karimun, Stok Aman Sampai Akhir Tahun

Personel Polres Karimun memberikan materi tentang anti perundungan (bully) atau perilaku tidak menyenangkan, baik secara verbal, fisik, atau sosial, baik di dunia maya maupun di dunia nyata, yang dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati, dan tertekan, baik yang dilakukan oleh individu maupun kelompok.

Kapolres Karimun, AKBP Ryky W. Muharam, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan kepada adik-adik pelajar tentang pencegahan perundungan, jenis-jenis perundungan, cara mengenali korban perundungan, dan cara mengatasi perundungan.

Hal ini karena para pelajar sering menjadi pelaku atau korban perundungan hingga penganiayaan. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan tidak akan ada perundungan lagi terjadi di kalangan pelajar.

Baca juga: Sempat di PHK, Guru-guru SDS PT Karimun Granite Kembali Mengajar

"Kami berharap agar tidak ada lagi pelajar yang menjadi korban perundungan dan tidak menjadikan teman sebagai sasaran perundungan yang pada akhirnya bisa berujung pada tindakan kekerasan dan masalah hukum. Ini memerlukan peran orang tua dan guru, terutama di lingkungan sekolah," ujarnya.

Kapolres Karimun juga memberikan pesan kepada siswa-siswi, yaitu agar rajin belajar, tidak mencari musuh, dan sebaliknya, meningkatkan jumlah teman.

"Apabila terjadi masalah, disarankan untuk tidak bereaksi emosional, karena setiap masalah memiliki solusi. Jangan merusak masa depan karena kalian adalah penerus bangsa," pesannya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews