Kalah Tipis dari Korut, Timnas Indonesia Tetap Lolos 16 Besar Asian Games 2023

Kalah Tipis dari Korut, Timnas Indonesia Tetap Lolos 16 Besar Asian Games 2023

Timnas Indonesia lolos 16 besar Asian Games 2023. (Foto: NOC Indonesia)

Batam, Batamnews - Timnas Indonesia U-24 telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Asian Games 2023 meskipun mengalami kekalahan dengan skor 0-1 dari Korea Utara pada Minggu (24/9/2023).

Dengan hasil ini, Indonesia berada di peringkat ketiga Grup F, sementara posisi runner-up dipegang oleh Kirgistan, dan Korea Utara memuncaki klasemen dengan poin sempurna.

Meskipun Indonesia, Kirgistan, dan Taiwan memiliki jumlah poin yang sama, yaitu tiga, Kirgistan dan Indonesia menduduki peringkat lebih tinggi karena selisih gol yang lebih baik daripada Taiwan.

Setelah pertandingan terakhir Grup F pada Minggu sore, selisih gol Indonesia dan Kirgistan sama-sama nol, sedangkan Taiwan mengalami selisih gol minus empat. Ini menjadikan Taiwan sebagai juru kunci Grup F.

Baca juga: Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Korut di Asian Games: Egy Maulana Striker

Karena selisih gol Indonesia dan Kirgistan sama, regulasi yang digunakan untuk menentukan peringkat adalah produktivitas gol. Kirgistan memiliki empat gol sementara Indonesia hanya dua gol.

Dengan demikian, Kirgistan secara otomatis melaju ke babak 16 besar bersama dengan Korea Utara. Selanjutnya, Kirgistan akan menghadapi Korea Selatan, sedangkan Korea Utara akan berhadapan dengan runner-up Grup E.

Sementara itu, nasib Indonesia sudah aman. Mengingat situasi persaingan di lima grup lainnya, Indonesia telah memastikan diri lolos karena mengumpulkan tiga poin dengan selisih gol +1.

Yang perlu dicatat adalah bahwa hanya lima tim yang berkompetisi untuk tiket ke babak 16 besar dari posisi peringkat ketiga terbaik, yaitu Grup A, B, D, E, dan F.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Indonesia Vs Korea Utara di Asian Games 2023: Main Sore Ini

Grup C tidak berpartisipasi dalam persaingan ini karena hanya diisi oleh dua tim, sehingga kedua tim dari Grup C secara otomatis melaju ke babak 16 besar.

Sementara Grup D hanya terdiri dari tiga tim, yakni Jepang, Palestina, dan Qatar. Dari ketiga tim ini, Qatar hanya mengumpulkan satu poin setelah dua pertandingan.

Tidak peduli hasil pertandingan tersisa di Grup D antara Jepang dan Palestina, tim peringkat ketiga Grup D tidak akan bisa meraih tiket ke babak 16 besar.

Dengan kata lain, hanya tim peringkat ketiga terbaik dari Grup A, B, E, dan F yang akan melaju ke babak 16 besar. Artinya, Indonesia sebagai tim peringkat ketiga Grup F sudah pasti lolos.

Pada babak 16 besar, Indonesia akan menghadapi pemuncak klasemen Grup C yang akan diperebutkan oleh Uzbekistan dan Hong Kong. Pertandingan antara kedua tim ini akan berlangsung pada Minggu (24/9/2023) malam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews