Penilaian Kinerja Infrastruktur Pemerintah Kabupaten Bintan oleh BPKP Kepri

Penilaian Kinerja Infrastruktur Pemerintah Kabupaten Bintan oleh BPKP Kepri

Tim BPKP Perwakilan Provinsi Kepri saat berkunjung ke Kabupaten Bintan.

Bintan, Batamnews - Pemerintah Kabupaten Bintan dengan antusias menyambut kunjungan Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan (BPKP) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang menggelar Exit Meeting terkait Pemeriksaan Kinerja Pendahuluan atas Infrastruktur. 

Pertemuan ini berlangsung pada Rabu, (20/09/2023), di Ruang Rapat II Bandar Seri Bentan.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat ini, Bupati Bintan, Roby Kurniawan, yang didampingi oleh Wakil Bupati Bintan, Ahdi Muqsith, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kedatangan Tim BPKP Perwakilan Provinsi Kepri. 

Pemeriksaan kinerja ini bertujuan untuk mengevaluasi aspek 3E, yaitu Ekonomi, Efisiensi, dan Efektivitas Pemerintah Kabupaten Bintan dalam penyelenggaraan infrastruktur, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemanfaatan infrastruktur yang telah dibangun.

Baca juga: Perjuangan Melawan Stunting: Kabupaten Bintan Gelar Diseminasi Audit Kasus Stunting

Roby Kurniawan menyatakan, "Tentu kami berharap pemeriksaan ini dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya permasalahan yang berarti nantinya. Sekali lagi selamat datang di Kabupaten Bintan."

Sementara itu, Ketua Tim BPKP Perwakilan Provinsi Kepri, Ivan Mulianta, menjelaskan bahwa pemeriksaan ini dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai entitas yang sedang diperiksa. 

Tim BPKP akan mengidentifikasi permasalahan dan isu-isu yang terkait dengan penyelenggaraan jalan serta mengidentifikasi risiko inheren yang mungkin timbul dari isu-isu potensial dan kerentanan entitas akibat kelemahan Sistem Pengendalian Intern (SPI).

Baca juga: Penyeludupan PMI Ilegal ke Malaysia Digagalkan oleh Tim Gabungan Lantamal IV Batam dan Lanal Bintan

Selain itu, Tim BPKP juga akan menentukan area kunci yang akan menjadi fokus dalam pemeriksaan terinci dengan menggunakan pendekatan faktor pemilihan yang mencakup risiko manajemen, program yang signifikan, dampak pemeriksaan, dan auditabilitas. 

Seluruh kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan tujuan pemeriksaan yang potensial dan memberikan alasan mengapa tujuan tersebut memiliki prioritas tertinggi.

Pemeriksaan kinerja ini merupakan bagian dari upaya transparansi dan akuntabilitas pemerintah Kabupaten Bintan dalam penyelenggaraan infrastruktur demi kesejahteraan masyarakat. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews