Amin Rais Tiba di Batam, Siap Kunjungi Masyarakat Pulau Rempang

Amin Rais Tiba di Batam, Siap Kunjungi Masyarakat Pulau Rempang

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat dan politikus Indonesia terkemuka, Amin Rais telah tiba di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), dengan tujuan untuk mengunjungi masyarakat di Pulau Rempang, Senin (18/9/2023). (Foto: Asrul/Batamnews)

Batam, Batamnews - Ketua Majelis Syuro Partai Ummat dan politikus Indonesia terkemuka, Amin Rais telah tiba di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), dengan tujuan untuk mengunjungi masyarakat di Pulau Rempang, Senin (18/9/2023).

Sebelumnya, Amin Rais dan anggota Partai Ummat menggelar pertemuan di Hotel Santika, Jl. Engku Putri No.9, Teluk Tering, Batam Center. Tujuannya yakni, membahas situasi dan kondisi yang tengah terjadi di Pulau Rempang.

Khazaini, seorang pengamat pers dan tokoh Kepulauan Riau, memberikan pencerahan mengenai sejarah Pulau Rempang serta permasalahan saat ini.

Baca juga: Universitas Brawijaya Malang dan PKK Bintan Kolaborasi untuk Pengolahan Limbah Cangkang Gonggong 

Dia menyampaikan keprihatinannya terhadap konflik yang masih berkecamuk di pulau tersebut, khususnya terkait masalah tanah. Khazaini mengekspresikan kekhawatirannya bahwa jika relokasi terjadi, budaya masyarakat yang sangat bergantung pada laut sebagai sumber mata pencaharian mereka akan terancam punah.

"Masyarakat di sini tidak menentang masuknya investasi, mereka hanya menginginkan agar kampung mereka tidak digusur," ujar Khazaini.

Selain itu, Dwi, tim hukum dari Partai Ummat juga memberikan usulan kepada Amin Rais untuk mendirikan posko bantuan hukum dan posko informasi bagi masyarakat Rempang.

Baca juga: Ini Langkah Gubernur Kepri Meningkatkan Pertanian dan Ketahanan Pangan di Kabupaten Karimun

"Kami tidak hanya akan memberikan bantuan hukum, tetapi juga berupaya memberikan informasi kepada warga serta menyebarkan informasi melalui media sosial," kata Dwi.

Setelah mendengarkan berbagai pandangan, Amin Rais mengungkapkan pandangannya. Dia berpendapat bahwa solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan pergi ke akar permasalahan.

"Kita harus mengeksplorasi akar permasalahan ini dan tidak menentang investasi, namun kita perlu mengubah cara pelaksanaannya agar lebih manusiawi," jelas Amin Rais.

Setelah pertemuan tersebut, Amin Rais dan rombongannya segera bergerak menuju Pulau Rempang untuk lebih memahami situasi dan kondisi di sana.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews