BPJS Kesehatan Cabang Batam Gelar Media Gathering Sosialisasikan Program Unggulan

BPJS Kesehatan Cabang Batam Gelar Media Gathering Sosialisasikan Program Unggulan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Batam, menggelar media gathering yang diikuti oleh forum media BPJS Kesehatan Cabang Batam, pada Senin (18/9/2023).

Batam, Batamnews - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Batam, menggelar media gathering yang diikuti oleh forum media BPJS Kesehatan Cabang Batam, pada Senin (18/9/2023).

Dalam rangka mentransformasi kemajuan dan programnya, BPJS Kesehatan menggelar sosialisasi kepada media dengan menjabarkan beberapa program seperti, I-CARE JKN, PESIAR, REHAB.

Turut hadir dalam kegiatan ini, kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam, Kepala Bagian BPJS Cabang Batam, serta wartawan media yang tergabung dalam forum media BPJS Kesehatan Cabang Batam.

Media gathering menjadi wadah yang digunakan oleh BPJS dalam memberikan pemahaman baru terhadap kemajuan program yang saat ini sudah digalakkan.

Baca juga: PHK Massal, Karyawan PT. KG Karimun Minta Keadilan di Hadapan Pemerintah

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam, Apt. Manna Ssi., MPH., AAK., mengatakan pentingnya sinergi antara pihak media dengan BPJS. Ia mengharapkan media dapat memahami mengenai program baru agar dapat disebarluaskan kepada masyarakat.

Pengenalan aplikasi I-CARE JKN salah satunya, program ini digagas sebagai sebuah aplikasi dimana dapat ditemukan informasi riwayat pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien sebelumnya.

Aplikasi ini hadir dengan mengusung beberapa keunggulan yakni, memberikan kemudahan bagi dokter untuk mengetahui riwayat pelayanan kesehatan pasien, peningkatan mutu layanan peserta JKN dan efisiensi pelayanan, mempercepat layanan kepada peserta karena dokter sudah melihat riwayat sebelumnya, sumber data riwayat pelayanan kesehatan yang selama ini telah tersedia pada sistem JKN, dapat digunakan oleh dokter.

“Namanya I-CARE informasi layanan riwayat pasien, sehingga diagnosa lebih mudah dilakukan dan mempercepat penanganan dokter,” ungkap Manna.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Listrik Terbaru di Indonesia 2023, Merek China Paling Murah

Selain itu dia juga menjelaskan, Program Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (PESIAR), dimana program ini diperuntukan dalam mempercepat capaian Universal Health Coverage (UHC) di tingkat desa. Program ini melibatkan perangkat daerah setempat untuk menjangkau penduduk desa yang belum terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Untuk PESIAR, ini programnya mendata dan memetakan, jadi akselerasi antara data di BPJS kita dan data di desa itu sesuai. Melalui Program JKN selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa. Untuk program ini sendiri terlaksana di Karimun dan di Batam,” ungkap Manna.

Sementara itu pihak BPJS Kesehatan juga menjelaskan, bagi masyarakat yang memiliki tunggakan iuran BPJS, terkhusus bagi jalur mandiri, terdapat program REHAB, yang memberikan keringanan dan kemudahan bagi peserta. Program ini dikhususkan untuk segmen pekerja bukan penerima upah (PBPU) dan peserta bukan pekerja (BP) yang memiliki tunggakan iuran agar dapat melakukan pembayaran iuran secara bertahap.

Mereka berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang menjangkau masyarakat di desa dan dalam mempercepat Universal Health Coverage (UHC).

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews