Workshop Peliputan Pemilu 2024: Dewan Pers Dorong Media untuk Berperan Aktif

Workshop Peliputan Pemilu 2024: Dewan Pers Dorong Media untuk Berperan Aktif

Kegiatan Dewan Pers di Hotel CK Tanjungpinang (Foto: jali)

Tanjungpinang, Batamnews - Dewan Pers, lembaga yang mengawasi dan mengatur kegiatan jurnalistik di Indonesia, menggelar Workshop Peliputan Pemilu 2024. 

Acara ini berlangsung di salah satu hotel di Kota Tanjungpinang dan dibuka secara virtual oleh Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu. Workshop ini dihadiri oleh beberapa pembicara, salah satunya adalah anggota Dewan Pers, Asep Setiawan.

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, mengungkapkan pentingnya peran media dalam meliput Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden serta Wakil Presiden 2024. 

Saat ini, tahapan pemilu sudah mulai dilaksanakan, dan iklan serta pemberitaan terkait partai politik, calon legislatif, dan kandidat Presiden/Wakil Presiden telah bermunculan tidak hanya di media, tetapi juga di ruang publik.

Baca juga: Logo Hari Jadi ke-21 Provinsi Kepri Terpilih: Desain Anak Karimun Jadi Juara

Peran media dalam memberikan informasi yang proporsional tentang pemilu sangat penting untuk mengedukasi masyarakat. 

Dengan memberikan informasi yang akurat dan berimbang, media dapat membantu masyarakat untuk berperan serta dalam mengawasi tahapan persiapan dan penyelenggaran pemilu, termasuk peserta pemilu.

Ketua Dewan Pers juga menekankan bahwa interaksi masyarakat dalam pemberitaan pemilu oleh pers akan sangat membantu dalam menilai tingkat kesuksesan persiapan jelang pemilu. 

Oleh karena itu, Dewan Pers berkomitmen untuk meningkatkan kualitas peliputan media cetak dan media elektronik terhadap Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2024.

Baca juga: Program KEJAR OJK Perwakilan Kepri Dukung Generasi Muda Tanjungpinang Menabung Sejak Dini

"Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka meningkatkan kualitas peliputan media cetak dan media elektronik terhadap pemilu/pilkada 2024, Dewan Pers mengadakan 'Workshop Peliputan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden oleh Media di Kepulauan Riau,'" kata Ketua Dewan Pers.

Workshop ini diharapkan akan memberikan wawasan dan pengetahuan yang lebih baik kepada para jurnalis yang akan meliput pemilu, sehingga peliputan pemilu dapat berjalan lebih baik dan memberikan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat. 

Dengan persiapan yang matang, Dewan Pers berharap pemilu tahun 2024 dapat berlangsung dengan lancar dan demokratis.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews