Shin Tae-yong Janjikan Perbaikan Performa Skuad Garuda Pasca Gagal di Piala AFF U-23 2023

Shin Tae-yong Janjikan Perbaikan Performa Skuad Garuda Pasca Gagal di Piala AFF U-23 2023

Timnas Indonesia jadi runner-up Piala AFF U-23 2023. (Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/mrh/wpa)

Jakarta, Batamnews - Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, telah menyatakan tekadnya untuk memperbaiki performa Garuda Muda dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, setelah gagal meraih gelar juara Piala AFF U-23 2023.

Timnas U-23 Indonesia harus berpuas diri dengan posisi runner-up di Piala AFF U-23 2023. Keputusan ini diambil setelah tim asuhan Shin Tae-yong kalah dalam adu penalti 5-6 dari Vietnam pada pertandingan final, Sabtu (26/8/2023) di Rayong.

Meskipun demikian, Tim Merah Putih tampil mengesankan dan mampu seimbang dengan permainan The Golden Star Warriors. Pertandingan antara Timnas U-23 Indonesia dan Vietnam berlangsung sengit dan berlangsung lama.

Meskipun Beckham Putra dan rekan-rekannya bisa menahan imbang 0-0 hingga 120 menit, mereka akhirnya harus menghadapi adu penalti yang berujung dengan kekalahan bagi Timnas U-23 Indonesia.

Baca juga: Prediksi Final Piala AFF U-23 2023: Vietnam Masih Unggul atas Skuad Garuda

Hasil ini tentu mengecewakan para pemain yang telah berjuang keras dari awal hingga akhir. Shin Tae-yong merespons hasil ini dengan mengatakan bahwa perjalanan pemain tidaklah mudah dan tim telah mengalami berbagai tantangan.

Tim pelatih terpaksa harus mencari solusi setelah beberapa pemain mengalami cedera saat berada di Thailand. Selain itu, beberapa pemain yang dibawa oleh Shin harus dipulangkan karena sanksi AFC.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut menjelaskan bagaimana tim mengalami perubahan performa yang naik turun dalam Piala AFF U-23 2023 ini. Pada tahap penyisihan grup, Timnas U-23 Indonesia bahkan harus bergantung pada hasil pertandingan tim lain untuk lolos ke fase gugur.

Timnas U-23 Indonesia harus menunggu hasil dari Grup A dan C. Garuda Muda akhirnya berhasil mencapai final meskipun mengalami kekalahan 1-2 dari Malaysia dan kemenangan 3-0 atas Timor Leste

Baca juga: Pensiun dari Kejuaraan Dunia, Hendra/Ahsan Titip Pesan ke Ganda Putra Penerus

 

Di semifinal, Ramadhan Sananta tampil luar biasa dengan skor akhir 3-1 melawan tim tuan rumah. Shin Tae-yong menyampaikan bagaimana perjuangan tim mengalami fluktuasi performa namun akhirnya mampu menunjukkan peningkatan.

"Kami memulai pemusatan latihan setelah tiba di Thailand," kata Shin Tae-yong setelah kekalahan dari Vietnam.

"Kami melihat perkembangan pemain dari pertandingan ke pertandingan, meskipun dalam tren yang meningkat," tambahnya.

Meskipun hasil akhir Piala AFF U-23 2023 tidak memuaskan, Shin Tae-yong memberi apresiasi pada usaha keras para pemain yang tidak menyerah. Dia juga merasa senang dengan perkembangan yang ditunjukkan oleh Ernando Ari dan rekan-rekannya.

Shin mengakui bahwa pemain telah banyak belajar dari turnamen ini dan perjalanan dari persiapan yang kurang hingga mencapai final. Meskipun menghadapi kekalahan pahit, Shin berpendapat bahwa pengalaman ini menjadi pelajaran berharga bagi para pemain.

Dengan pengetahuan yang diperoleh dari turnamen ini, Shin Tae-yong berkomitmen untuk meningkatkan performa Timnas U-23 Indonesia di masa depan. Timnas U-23 Indonesia akan berkompetisi dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Pertandingan dijadwalkan berlangsung pada 6-12 September mendatang. Garuda Muda akan bersaing dengan Taiwan dan Turkmenistan dalam kualifikasi ini.

Untuk mempersiapkan diri, Beckham Putra dan rekan-rekannya dijadwalkan untuk menjalani pemusatan latihan pada 4 September 2023. Shin Tae-yong berjanji untuk mempersiapkan Timnas U-23 Indonesia lebih baik lagi dan berharap berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

"Dengan pelajaran ini, kami akan mempersiapkan diri dengan baik untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2023," kata Shin Tae-yong.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews