HUT RI ke-78: Danpuslatpurmar 9 Dabo Singkep dan Pemuda Lingga Kibarkan Merah Putih di Puncak Bukit Permata

HUT RI ke-78: Danpuslatpurmar 9 Dabo Singkep dan Pemuda Lingga Kibarkan Merah Putih di Puncak Bukit Permata

Danpuslatpurmar 9 Dabo Singkep bersama personelnya dan pemuda Lingga foto bersama di puncak Bukit Permata, Desa Panggak Darat. (Foto: istimewa)

Lingga, Batamnews - Selain di lapangan, upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), juga dilakukan di puncak gunung. Tepatnya puncak Bukit Permata, Desa Panggak Darat, Kecamatan Lingga, yang memiliki ketinggian 1001 meter diatas permukaan laut (Mdpl).

Upacara tersebut dilakukan oleh Komandan Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Danpuslatpurmar) 9 Dabo Singkep bersama pasukannya dan sejumlah pemuda dan pemudi pendaki asal Kabupaten Lingga.

Danpuslatpurmas 9 Dabo Singkep, Mayor Marinir Qomaru Zaman M.tr Opsla mengatakan, pengibaran bendera Merah Putih di Puncak Bukit Permata itu dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023. Pendakian dimulai sejak tanggal 16 Agustus dan akan turun kembali pada 18 Agustus 2023.

Baca juga: Keindahan Bukit Permata di Lingga Pukau Pendaki Tertua Asal Tanjungpinang

"Kami dari Puslatpurmar 9 Dabo Singkep melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih di Puncak Bukit Permata dengan ketinggian kurang lebih 1001 Mdpl. Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan aman, lancar dan dapat terlaksana sesuai dengan rencana," kata dia Kamis (17/8/2023) malam.

Diungkapkan Mayor Qomaru, adapun jumlah peserta yang ikut mendaki dan mengikuti jalannya upacara pengibaran bendera Merah Putih di puncak Bukit Permata berjumlah 60 orang.

Mereka terdiri dari personel Puslatpurmar 9 Dabo Singkep, Lanal Dabo Singkep, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Panggak Darat, Komunitas Pecinta Alam Singkep (KOMPAS), Sispala SMA Negeri 1 Singkep, Tenaga Kesehatan dari Puskesmas dan BMKG.

Baca juga: Bukit Permata di Lingga Masuk Nominasi API 2021, Yuk Vote!

"Untuk jumlah peserta kurang lebih 60 orang yang terdiri dari anggota kami dan tim medis dari Lanal Dabo Singkep, kemudian ada beberapa komunitas pecinta alam dan masyarakat dengan sukarela ikut bergabung di pengibaran bendera di atas Bukit Permata," ungkap Mayor Mar Qomaru.

Adapun makna dari pengibaran bendera Merah Putih di Bukit Permata, kata Mayor Qomaru bermaksud untuk meningkatkan dan membangkitkan jiwa patriotisme dan nasionalisme di masyarakat terutama untuk generasi muda.

"Dengan kita mengibarkan bendera Merah Putih di puncak tertinggi ini saya harapkan kita semua bisa membawa nama harum bangsa ini terutama untuk generasi muda agar kedepannya bisa mempertahankan kemerdekaan dengan mengisi hal-hal positif dan memberikan prestasi untuk bangsa ini," harapnya.

Baca juga: Turis Malaysia Terpesona Melihat Keindahan Pemandangan di Bukit Permata

Ia mengaku, untuk mencapai ke titik puncak pihaknya harus melewati jalan yang penuh tantangan dan terjal. Namun, semua peserta yang ikut dapat sampai dengan selamat.

"Untuk jalur yang kita lalui lumayan menantang. Alhamdulillah semua dapat sampai dengan selamat, kita mendaki start pukul 07.00 WIB sampai puncak lebih kurang pukul 17.00 WIB," ungkap Mayor Qomaru.

Sebagaimana diketahui, Bukit Permata merupakan objek wisata pendakian unggulan yang ada di Desa Panggak Darat, bahkan Kabupaten Lingga. Hamparan luas puncaknya siap memanjakan mata para pendaki ketika sampai di puncak tersebut apabila cuaca cerah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews