Merdeka! Pengibaran Sang Saka Merah Putih di Batam Berlangsung Khidmat

Merdeka! Pengibaran Sang Saka Merah Putih di Batam Berlangsung Khidmat

Pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia 2023 di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), berlangsung khidmat.

Batam, Batamnews - Pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia 2023 di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), berlangsung khidmat. Upacara bendera dan detik-detik proklamasi dipusatkan di Alun-alun Engku Putri Batam Center, pada Kamis (17/8/2023) pagi.

Pengibaran bendera dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya pun berhasil ditunaikan dengan baik oleh para Paskibraka. Sang Saka Merah Putih pun tampak gagah berkibar.

Pada momen tersebut, Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, bertindak sebagai inspektur upacara pengibaran bendera merah putih pada peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia yang mengusung tema 'Terus Melaju untuk Indonesia Maju'.

Baca juga: Unik! Gajah-gajah Hebat Kibarkan Bendera Merah Putih saat HUT Ke-78 RI di Riau

Hadir pada kesempatan tersebut, Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Ketua DPRD Batam Nuryanto, hingga unsur-unsur Forkompinda di Batam, serta tamu undangan dari berbagai institusi.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Batam, Nuryanto mengatakan, bahwa momen Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan hari yang sangat berbahagia dan bersejarah bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Kota Batam.

Mewakili unsur pimpinan dan Anggota di DPRD Kota Batam serta seluruh masyarakat Kota Batam pihaknya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

Baca juga: Paramita Qurrataini Witriana, Gadis Asal Batam Raih Juara 2 di Kejuaraan Open Jujitsu 2023

"Untuk itu, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Batam sekaligus generasi penerus, untuk bersama-sama menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa. Serta mengisi kemerdekaan ini dengan semangat dan optimisme untuk membangun pembangunan di kota Batam dengan bergandengan tangan. Walaupun kita berbeda-beda tetap satu, Bhinneka Tunggal Ika. Merdeka!," kata dia.

 

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto bersama unsur Forkompinda mengikuti apel Kehormayan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bulan Gebang Batuaji.

Di sana, dia mengajak peserta apel dan masyarakat untuk mendoakan para pahlawan yang gugur di medan perang, maupun yang tidak dikenal nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah ngarai dan dasar lautan.

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa," kata Cak Nur, sapaan akrabnya.

"Kami bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami juga dan jalan kebaktian yang para pahlawan tempuh adalah jalan bagi kami juga," tambahnya.

Sebelumnya, unsur pimpinan di DPRD Batam mengikuti Upacara Penetapan Waktu (Taptu) dan pawai obor di Dataran Engku Hamidah dalam rangka menyambut HUT ke-78 Republik Indonesia.

Upacara Taptu dan pawai obor sendiri selama ini sudah menjadi agenda rutin Pemko Batam setiap tahunnya. Sama halnya tahun-tahun sebelumnya, upacara Taptu dan pawai obor dipusatkan di Dataran Engku Hamidah, Batam Center.

Sebagaimana diketahui, Upacara Taptu merupakan tradisi kemiliteran yang sudah dilakukan sejak dahulu, ketika akan menjelang hari kemerdekaan. Kegiatan ini untuk mengingatkan pasukan agar dapat meningkatkan kewaspadaan di tengah tugas dan panggilan negara.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews