Meriahnya Perayaan HUT Ke-78 RI di Pulau Terluar Belakangpadang

Meriahnya Perayaan HUT Ke-78 RI di Pulau Terluar Belakangpadang

Lomba sampan layar meriahkan perayaan HUT ke-78 RI di Belakang Padang.

Batam, Batamnews - Semarak HUT ke-78 RI di pulau terluar, Belakangpadang, pada Kamis (17/8/2023) berlangsung meriah. Gelaran perlombaan mewarnai kemeriahan itu.

Ada berbagai kegiatan lomba membuat masyarakat Batam serta internasional turut beramai-ramai mengunjungi Belakangpadang. Tak heran jika Pulau Penawar Rindu itu seketika menjadi pusat tujuan warga saat merayakan kemerdekaan.

Perlombaan yang digelar beragam, mulai dari sampan ketinting, perahu layar, kapal speedboat, tarik tambang, panjat pinang serta perlombaan lainnya.

Ribuan warga berbondong-bondong menyaksikannya langsung dari pesisir pantai dan pelantar rumah hingga ada yang menyewa kapal. Para penonton ada yang betah dari pagi hingga sore di sana.

Baca juga: HIPMI Fest Batam 2023: Zumba, Stand-Up Komedi, dan Live Musik Meriahkan Pembukaan

Dari pagi, pelaksanaan lomba terus digelar. Apalagi lomba yang dipusatkan di perairan. Pertama lomba sampan layar, kemudian lomba speedboat hingga sampan ketinting.

Camat Belakang Padang, Yudi Admadji mengatakan HUT RI ke-78 di Belakangpadang tahun ini lebih meriah. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya gelaran event perlombaan serta jumlah pengunjung.

“Ada banyak event perlombaan yang kita gelar di Pulau Belakangpadang ini. Semuanya itu untuk menyemarakkan hari kemerdekaan, ini sudah menjadi kegiatan rutin kita setiap kemerdekaan," kata dia.

Menurut Yudi, momentum kemerdekaan juga menjadi nilai tambah ekonomi bagi masyarakat pulau. “Iya, alhamdullillah pelaksanaan perlombaan semarak kemerdekaan berlangsung meriah. Tak lupa kita ucapkan terimakasih atas dukungan langsung oleh tokoh masyarakat kita, Pak Hasyim,” katanya.

Baca juga: Perbaikan Selesai, Normalisasi Air Secara Bertahap

Diketahui, Hasyim menjadi donatur dalam penyelenggaran berbagai perlombaan. Menurut Yudi, menjadi hal penting ialah tokoh masyarakat, warga, hingga para pengusaha turut serta dalam mendorong kesuksesan acara untuk memajukan perekonomian masyarakat pulau.

Tak tanggung-tanggung, dalam kegiatan itu Hasyim menjadi donatur utama dalam kegiatan itu. Ia menyediakan seluruh kapal speedboat yang diperlombakan dalam kegiatan, termasuk hadiah perlombaan.

Ditempat yang sama, Hasyim mengaku bangga atas terselenggaranya beragam perlombaan hingga membuat pulau terluar ramai dikunjungi warga.

“Hari kemerdekaan ini, kita ingin bangsa kita ini ke depan semakin bangkit dan maju. Lewat kegiatan perlombaan ini, ke depan kita ingin mempererat silaturahmi antar sesama kita,” ujarnya.

Sebagai tokoh masyarakat pulau, dia mengaku punya peran penting untuk mendukung penuh kegiatan kegiatan perlombaan bagi masyarakat pulau, terlebih dalam momentum kemerdekaan. Disamping itu, dalam momen kemerdekaan ini, Hasyim juga mengajak agar generasi muda anak pulau dapat mengukir prestasi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews