Pentingnya Penggunaan Life Jacket, Dishub Lingga Edukasi Operator Angkutan Laut

Pentingnya Penggunaan Life Jacket, Dishub Lingga Edukasi Operator Angkutan Laut

Kabid Laut Dishub Lingga, Amir (tengah baju hitam) saat memimpin sosialisasi penggunaan life jacket. (Foto: ist)

Lingga, Batamnews - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga telah melaksanakan sosialisasi mengenai pentingnya penggunaan life jacket dalam transportasi laut. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran keselamatan bagi pemilik dan operator angkutan laut seperti kapal pompong dan Speedboat.

Kegiatan sosialisasi ini diadakan di ruang tunggu keberangkatan di Pelabuhan Desa Jagoh, Kecamatan Singkep Barat. Tujuan sosialisasi mencakup rute dari Pelabuhan Desa Jagoh ke Pelabuhan Penarek Desa Kelumu, Kecamatan Lingga, serta dari Pelabuhan Desa Jagoh ke Pelabuhan Penuba, Kecamatan Selayar.

Kepala Bidang Laut di Dishub Lingga, Amirudin, menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah desa setempat, Syahbandar, Polairud, Babinsa, perwakilan Polres Lingga, dan perwakilan Lanal Dabo Singkep.

Baca juga: Meriahnya Anniversary Setahun Artotel Batam dengan Tema `Lautan` dan Kejutan Menarik

"Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat pesisir mengenai penggunaan life jacket," kata Amir pada kesempatan tersebut.

Ia menegaskan bahwa pemahaman ini sangat penting, terutama bagi operator kapal pompong dan Speedboat serta masyarakat yang menggunakan jasa angkutan laut.

"Keselamatan adalah prioritas utama, dan penggunaan life jacket merupakan langkah penting dalam menghindari risiko kecelakaan laut. Semua pihak harus bekerja sama demi keselamatan jiwa dan raga," kata Amirudin.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Modus Social Engineering, Ancaman Penipuan Online via Aplikasi Pesan

Selain itu, ia juga menyampaikan rencana Dishub Lingga untuk menerapkan penggunaan tiket dan jaminan asuransi pada rute Pelabuhan Jagoh - Penarek. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengguna jasa angkutan laut, khususnya Speedboat.

Sosialisasi ini berfokus pada kepatuhan terhadap peraturan Life Saving Appliance (LSA) Code Bab 2 dan Safety Of Life At Sea (SOLAS) Bab 3 yang mengharuskan adanya life jacket dalam kapal pompong dan Speedboat.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah menciptakan lingkungan yang aman dan tertib dalam pelayaran laut di Kabupaten Lingga, demi keamanan dan kenyamanan semua pihak yang terlibat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews